Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Penyebab Tanaman Tidak Berbuah

Penyebab Tumbuhan Tidak Berbuah - Pada tulisan sebelumnya tentang Cara Membuat Benih dan Menanam Cabe salah seorang pembaca bertanya dan mengeluhkan tentang tanaman cabe rawit yang beliau tanam di tanah namun tidak berbuah, hanya berbunga saja [baca Faktor Penyebab Tanaman Tidak Berbuah pada point ke-5 di bawah].
Tanaman Cabe Tidak Berbuah
Gambar: Testimoni kasus tanaman cabe tidak berbuah
Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor yang berpengaruh, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Untuk itu, berikut ini adalah penjelasan tentang hal-hal yang patut diperhatikan agar tanaman anda dapat berbuah.

Beberapa Faktor Pendukung Agar Tanaman Berbuah

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi bibit tumbuhan yang anda tanam dapat menghasilkan buah sesuai keinginan :
  1. Bibit Tanaman - Sifat dari tanaman yang kita ambil bibitnya harus dikenali, apakah bibit tanaman tersebut adalah bibit unggul ataukah sebaliknya bibit tanaman tersebut adalah bibit mandul.

    Jadi sebaiknya jika bibit yang anda peroleh berasal tempat penjualan, pastikan anda beli bibit tanaman yang unggul dari tempat jual bibit tanaman yang terpercaya
  2. Makro Klimat - Makro-klimat dari tanaman haruslah terpenuhi, hal ini berarti bahwa lingkungan dimana bibit tanaman itu tumbuh harus memenuhi syarat iklim, ketinggian, curah hujan, sinar matahari, serta unsur hara yang cukup.

    Dalam hal ini, unsur hara yang cukup berperan penting dalam proses pembungaan adalah unsur P (phosfor), oleh karena itu unsur ini harus diperhatikan agar dapat terpenuhi bagi tumbuh kembang bibit tanaman
  3. Mikro Klimat - Mikro-klimat dari bibit tanaman juga harus terpenuhi, hal ini berarti bahwa lingkungan di sekitar tanaman sehat serta mendukung kelangsungan hidup tanaman.

    Yang dimaksudkan di sini adalah menyangkut suhu, keadaan kebun, kelembaban udara, serta perlindungan bibit tanaman dari serangan hama dan penyakit

Beberapa Faktor Penyebab Tanaman Tidak Berbuah

Ketika bibit tanaman yang anda tanam belum juga berbuah, atau hanya berbunga saja namun kemudian gugur tanpa menghasilkan buah, kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :
  1. Batas Umur - Bisa saja bibit tanaman yang anda tanam belum mencapai batas umur untuk menghasilkan buah. Pada beberapa jenis tanaman, hal ini sering kali terjadi. Jadi tergantung juga dari jenis tanaman yang anda tanam
  2. Pemupukan - Penggunaan pupuk dengan produk N (nitrogen) yang berlebihan dapan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh. Akibat dari kelebihan dalam penggunaan, tanaman tumbuh lebat dan rimbun sehingga pokok tanaman kurang mendapatkan cahaya matahari.

    Cahaya matahari sangatlah dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan proses penghasilan karbohidrat saat fotosintesis. Alhasil proses ini tidak berjalan maksimal, bunga yang terbentuk jumlahnya sedikit atau bahkan tidak muncul sama sekali
  3. Proses Penyerbukan - Apabila bibit tanaman yang anda tanaman adalah jenis tanaman yang membutuhkan proses penyerbukan untuk menghasilkan buah, maka dibutuhkan adanya pohon berbunga jantan yang tumbuh di dekatnya atau bunganya mendapat sari dari bunga pohon yang sejenis. Beberapa jenis tumbuhan ini yakni: rukem, wuri, alpukat, dsb.

    Pada beberapa kasus, seringkali terjadi prosek masaknya bunga jantan dan bunga betina tidak terjadi dalam waktu yang sama. Hal ini mengakibatkan tidak terjadinya pembuahan hingga akhirnya bunga gugur. Contoh hal ini sering terjadi pada tumbuhan pohon kelapa
  4. Mutasi Gen - Terkadang, proses mutasi gen seringkali dapat mengakibatkan kemandulan sehingga bibit tanaman yang anda tanam tidak menghasilkan buah sama sekali
  5. Berbunga Tanpa Buah - Ketika tanaman yang anda tanam telah berbunga namun akhirnya gugur tanpa menghasilkan buah, hal ini dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:
    • Kurangnya unsur Nitrogen bagi tumbuhan di dalam tanah
    • Kurangnya jumlah air yang dibutuhkan tanaman di dalam tanah
    • Batang bawah dari bibit tanaman anda adalah hasil okulasi yang kurang bagus
    • Adanya hama penyakit yang menyerang tanaman anda
    • Pengaruh iklim dan cuaca seperti kemarau panjang, hujan terlalu deras, angin terlalu kencang dan lain-lain
    • Penyemprotan pupuk daun pada saat tanaman anda sedang berbunga. Hal ini dapat menyebabkan bunga gugur tanpa menghasilkan buah
Kenapa Tanaman Tidak Berbuah
Gambar: Tanaman Cabe Berbuah Lebat
Dari beberapa point di atas dapat dilihat bahwa banyak faktor yang mempengaruhi berbuah-tidaknya tanaman yang ditanam oleh anda. Jadi pastikan bahwa hal-hal di atas ini telah terpenuhi agar bibit tanaman yang anda tanam dapat menghasilkan sesuai dengan keinginan anda.

Share this article :
+
2 Komentar untuk "Penyebab Tanaman Tidak Berbuah"

Saya punya tanaman bunga (Dan ini bunga kesayangan istri) tetapi kok banyak semacam hewan2 kecil berwarna putih (Istilah jawa cabuk putih) dan bisa loncat/terbang2 gitu, bagaimana cara basminya yah,,, Masalahnya kalau sudah di hinggapi hewan itu tanaman pasti tidak bisa tumbuh dengan sehat dan lama kelamaan mati.
Terima kasih min

Untuk permasalahan yang anda alam dapat dibaca pada artikel tentang cara membasmi hama tanaman kutu putih

Makasih untuk kunjungannya :)

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia