Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Menanam Kentang di dalam Polybag Lengkap Praktis

Cara menanam kentang di dalam polybag - Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang dapat diolah menjadi panganan yang bervariasi seperti cemilan gorengan hingga donat kentang. Cara menanam kentang tidaklah begitu sulit, jika ditempatkan pada area yang menudukung proses pertumbuhannya maka kentang akan tumbuh segera dengan sendirinya. Apabila anda memiliki pot yang besar untuk menanam sayuran, wadah itupun bisa dijadikan tempat untuk menanam kentang, namun jika anda tidak memiliki pot besar untuk itu, berikut ini adalah salah satu solusi yang dapat anda terapkan mengenai cara menanam kentang di dalam polybag

Menanam kentang tidak begitu sulit seperti yang dipikirkan banyak orang, khususnya jika menanam kentang di dalam polybag. Ini merupakan cara yang baik jika anda tidak memiliki cukup ruang pekarangan untuk menanam kentang sperti yang dilakukan di perkebunan. Dengan menanam kentang dalam wadah ini, juga memperkecil resiko tananan dirusak oleh hewan peliharaan atau penyakit.
Cara Menanam Kentang di dalam Polybag
Photo by Suat Eman @ freedigitalphotos.net

Waktu Untuk Menanam Kentang

Berikut ini adalah contoh pembagian waktu proses menanam kentang hingga panen yang dapat dilakukan secara berurutan perkelompok agar proses panen dan menanam dapat dilakukan hampir tiap bulan, dipaparkan dalam tabel di bawah ini:
Proses Mulai menanam Akhir menanam Jangka waktu panen
Penanaman pertama Akhir Februari Awal Mei 10 minggu
Penanaman ke-dua Maret Awal Mei 13 minggu
Penanaman ke-tiga Maret Awal Mei 15 minggu
Penanaman ke-empat Maret Pertengahan Mei 20 minggu
Penanaman ke-lima Awal Agustus Akhir Agustus 11 minggu

Tabel Cara Menanam Kentang di dalam Polybag

Cara Pembibitan dan Persemaian Kentang

Pembibitan kentang adalah proses menumbuhkan tunas dari umbi kentang sebelum akhirnya ditanam nantinya. Pembibitan ini tergolong cepat dan tidak memerlukan banyak usaha untuk proses ini. Proses pembibitan kentang dapat dilakukan segera setelah anda memilih atau membeli kentang yang disiapkan untuk pembibitan ini.

Setelah beberapa kentang dipilih untuk pembibitan, tempatkan pada wadah yang sejuk dengan pencahayaan yang cukup serta bebas dari air atau embun. Beberapa contoh wadah yang cukup baik untuk digunakaan adalah rak telur atau wadah benih.

Ketika telah tumbuh tunas pada salah satu bagian permukaan kentang, maka segera posisikan kentang dengan menempatkan permukaan yang telah tumbuh tunas pada bagian atas dan biarkan hingga tunas benar-benar muncul ( biasanya hingga sekitar 25mm atau 1 inchi). Tetap bastikan juga, bagian tunas yang muncul pada kentang mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Normalnya, bibit kentang biasa berukuran sebesar telur ayam, tapi sering kali memiliki ukuran yang berfariasi. Jangan khawatir jika anda mendapatkan bibit kentang dengan ukurang yang berbeda-beda, bibit-bibit kentang itu tetap akan timbuh dan menghasilkan kentang yang sama.

Cara Menanam Kentang di dalam Polybag

Biasanya orang menenam kentang di area luas terbuka seperti perkebunan dengan ukuran yang cukup. Namun sebenarnya anda dapat memanfaatkan wadah-wadah tertentu jika ingin menanam kentang namun tidak memiliki ruang cukup untuk dijadikan ladang menanam. Berikut ini adalah langkah-langkah tentang cara menanam kentang di dalam polybag sebagai wadah yang praktis untuk lahan yang terbatas;
  • Masukkan kompos dengan kwalitas yang baik ke dalam polybag dengan ukuran sekitar 2.5cm (1 inchi) di bawah rim;

  • Masukkan bibit kentang yang telah ditumbuhi tunas ke dalam wadah polybag tadi dengan posisi tunas mengarah ke atas, masukkan hingga kedalaman 12 cm (5 inchi) ke dalam pupuk tadi lalu tutup merata hingga hanya muncul tunas saja;

  • Selanjutnya, sirami bibit kentang di dalam polybag dengan air secukupnya dan tempatkan pada area yang mendapatkan cukup cahaya matahari agar bibit kentang dapat segera tumbuh dengan sempurna;

  • Berikan pupuk kentang yang cukup setiap minggunya dan beri air secukupnya ketika kompos pada wadah polybag sudah mengering

Memanen Kentang dari dalam Polybag

Waktu panen sangat bervariatif tergantung dari musim tanam dan ukuran untuk dipanen yang anda inginkan. Tabel sebelumnya di atas menjelaskan secara singkat tentang waktu penanaman dan jangka waktu untuk melakukan panen kentang.

Rata-rata masa panen adalah 10 minggu semenjak masa tanam pertama. Anda dapat mengecek terlebih dahulu ukurang kentang yang hendak dipanen dengan menggali kebawah agar nampak ukuran kentang yang hendak dipanen. Jika ukurannya masih terlalu kecil, dapat dibiarkan dulu selama beberapa minggu untuk kemudian dipanen.
Cara Menanam Kentang di dalam Polybag
Photo by Mister GC @ freedigitalphotos.net

Tips Menyimpan Kentang Hasil Panen

Setelah memanen kentang dari dalam polybag, anda perlu mengetahui beberapa hal tentang cara menyimpan kentang yang benar. Setelah dibersihkan, tempatkan kentang yang telah dipanen ke dalam wadah kertas dan simpan di tempat yang kurang disinari cahaya (gelap) dan sejuk.

Hindari untuk menyimpan kentang hasil panen tadi di tempat basah, jangan juga menyimpan kentang di dalam kantong pelastik yang minim fertilasi karena akan menyebabkan kentang berkeringat dan akhirnya cepat membusuk.

Sekian tulisan singkat tentang cara menanam kentang di dalam polybag, kiranya dapat mendatangkan manfaat bagi anda yang membutuhkan informasi tentang budidaya kentang ini. Baca juga tulisan menarik lainnya tentang:

Share this article :
+
2 Komentar untuk "Cara Menanam Kentang di dalam Polybag Lengkap Praktis"

waaah, mantab nih
hasil kentangnya gede-gede nggak gan?

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia