Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Menanam Cabe Hidroponik Sistem Wick Menggunakan Wadah Bekas

Dunia Kebun - Bila sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara membuat benih cabe dan cara menanam cabe secara konvensional atau menggunakan media tanam tanah. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara menanam cabe hidroponik menggunakan sistem wick / sumbu. Menanam cabe dengan cara hidroponik lebih menguntungkan setidaknya mudah dalam perawatan dan tidak perlu repot-repot menyiram. Cara menanam cabe hidroponik sistem wick ini cukup sederhana dan murah karena Anda dapat menggunakan bahan-bahan bekas yang tersedia di rumah Anda.
menanam cabe secara hidroponik sumbu dalam pot

Bahan Yang Diperlukan Untuk Menanam Cabe Hidroponik Sistem Wick / Sumbu

  • Pot untuk menanam cabe
  • Wadah lainya seperti ember atau wadah bekas cat tembok untuk tempat larutan nutrisi
  • Kain flannel / sumbu
  • Stereofoam (bila diperlukan)

Cara Menanam Cabe Hidroponik Sistem Wick / Sumbu

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menanam cabe hidroponik sistem wick / sumbu:
1. Penyiapan Pot
Pot yang digunakan untuk menanam cabe hidroponik sistem wick harus cukup besar dengan ukuran diameter 20-30 cm. Pastikan pot memiliki lubang di bagian bawah dan bagian samping. Anda dapat melubangi pot dengan menggunakan paku panas atau solder. Masukan kain flannel di bagian bawah pot sedimikian hingga ujung dari kain flannel tsb dapat menyentuh cairan nutrisi pada wadah yang satunya.
2. Penyiapan Media Tanam
Media tanam yang dapat digunkan untuk menanam cabe hidroponik sistem wick / sumbu dapat Anda buat sendiri dengan mencampur cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan 1:1 lalu aduk secara merata. (Baca juga: 8 Media Tanam Hidroponik Yang Murah dan Mudah)
3. Penyiapan Benih Cabe
Bibit cabe dapat diperoleh dari biji cabe yang telah disemai sebelumnya. Gunakanlah benih cabe yang telah siap tanam untuk menanam cabe hidroponik sistem wick / sumbu.
4. Penyiapan Larutan Nutrisi
Gunakan ember atau wadah bekas yang ukurannya lebih kecil dari pot yang digunakan untuk menanam. Ambilah ember / wadah bekas yang dapat menampung pot tsb kira-kira ½ - ¾ bagian saja. Bila tidak tersedia wadah dengan ukuran yang pas, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan stereofoam yang cukup tebal yang kemudian Anda lubangi sehingga dapat menyangga pot cabe di atas nya agar tidak tercelup semua ke dalam wadah larutan nutrisi. Larutan nutrisi untuk menanam cabe hidroponik sistem wick / sumbu dapat Anda buat sendiri atau membelinya di toko tanaman.
5. Cara Menanam Cabe Hidroponik     
  • Basahi kain flannel dengan larutan nutrisi       
  • Masukkan media tanam ke dalam pot yang telah dipasang sumbu / kain flanel       
  • Tanam bibit cabe ke dalam pot yang telah berisi media tanam       
  •  Letakkan pot di atas wadah larutan nutrisi       
  • Taruh pot yang berisi tanaman di halaman rumah Anda yang terkena sinar matahari       
Semakin pohon membesar, Anda dapat menambahkan pecahan genteng atau batu ke dalam pot untuk menyokong tanaman agar dapat berdiri tegak dan tidak roboh.
6. Perawatan Tanaman Cabe
Perawatan tanaman cabe yang ditanam secara hidroponik hampir sama dengan tanaman cabe yang ditanam menggunakan media tanah, hanya saja Anda tak perlu repot-repot menyiram tanaman setiap hari. Periksalah volume larutan nutrisi, pastikan sumbu / kain flannel selalu terendam larutan nutrisi. Semakin besar tanaman cabe Anda maka semakin banyak pula kebutuhan nutrisinya.
Itulah cara menanam cabe hidroponik sistem wick / sumbu dengan menggunakan pot, ember maupun wadah bekas lainnya. Selamat mencoba ..

Share this article :
+
4 Komentar untuk "Cara Menanam Cabe Hidroponik Sistem Wick Menggunakan Wadah Bekas"

Mantab gan infonya, bermanfaat bgt tutorialnya
Rekrutmen Pegawai Non PNS LKPP - D3 / S1 Semua Jurusan - Mei 2015
http://expocpnsbumn.blogspot.com/2015/05/rekrutmen-pegawai-non-pns-lkpp.html

Untuk nutrisinya apa ada ramuan yg bisa dibuat sendiri tanpa AB mix?

tanaman hasil hidroponik memang lebih bersih, namun cairan nutrisinya masih menggunakan zat kimia ya? apakah ada hidroponik yang juga berkonsep organik (tanpa zat kimia)?

Terimakasih untuk pertanyaannya, dasar inti dari pembuatan pupuk mix AB adalah pupuk makro N, P, K dan pupuk mikro. Ada beberapa cara dalam peracikannya, damun perlu diperhatikan dalam penggunaannya nanti adalah takaran yang diberikan terhadap tumbuhan dengan media tanam tanah biasanya berbeda dengan tumbuhan bermedia tanam air. Untuk detail pembuatan nutrisi alternatif AB mix akan saya bawakan dalam materi artikel selanjutnya.

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia