Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Tanaman Pengusir Hama Serangga

Kedatangan serangga atau hama pengganggu memang seringkali membuat sebal karena kehadirannya yang tidak diundang dapat menggangu kehidupan tanaman dan menyebabkan berbagai penyakit. Memang ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir hama serangga dari kebun kita, ada yang alami maupun menggunakan zat kimia. Namun penggunaan zat kimia sangat tidak disarankan karena dampaknya pada kelestarian lingkungan dan kesehatan kita sendiri. Untuk itu kita dapat menggunakan cara-cara alami seperti dengan mengusir hama serangga menggunakan tanaman. Lalu apa saja tanaman pengusir hama serangga tsb?

tanaman pengusir hama serangga, cara mengusir hama serangga dengan tanaman


Anda dapat menanam tanaman pengusir hama serangga di kebun Anda bersamaan dengan tanaman Anda yang lainnya. Tanaman pengusir hama serangga tsb dapat berupa tanaman hias, tanaman herbal dan juga sayuran. Selain itu tanaman tsb dapat mengusir tikus, siput dan hama lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tanaman pengusir hama serangga:

1. Tanaman bawang putih dapat mengusir hama serangga seperti aphid dan kumbang Jepang. Selain itu bila bawang putting ini ditanam bersamaan dengan bawang merah maka tanaman tsb dapat mengusir hama tikus.

2. Tanaman basil dapat mengusir hama serangga seperti lalat dan nyamuk. Anda dapat menanam beberapa tanaman basil di sekitar tanaman yang diganggu hama dan beberapa area lainnya di sekitar jendela rumah Anda untuk mencegah masuknya lalat dan nyamuk tsb ke dalam rumah.

3. Tanaman rosemary dan mint di sekitar kebun dapat mencegah serangga bertelur di tanaman pada kebun kita seperti ngengat kubis. Anda juga dapat menanam tanaman rosemary dan mint di sekitar rumah Anda untuk mencegah masuknya semut ke dalam rumah.

4. Tanaman tansy dapat mengusir hama serangga seperti kumbang Jepang dan nyamuk.

5. Bawang putih dan bawang daun dapat mengusir hama serangga seperti lalat wortel. Selain itu tanaman tsb dapat memperbaiki kesehatan seluruh tanaman di kebun.

6. Tomat dan tanaman borage dapat mengusir hama serangga seperti hornworm pada tomat. Sementara tanaman marigold dapat mengusir hama serangga berbahaya seperti nematode dan kumbang Jepang.

7. Bayam dapat mengusir hama siput.

8. Tanaman thyme juga dapat mengusir hama serangga seperti cabbageworms.

9. Tanaman “pyrethrum painted daisies” dapat mengusir hama serangga seperti aphid. Tanamlah tanaman tsb di mana saja di kebun Anda.

10. Menggunakan tanaman yang tahan hama di dalam kebun juga sangat baik untuk mengusir hama serangga. Misalnya tanaman azalea atau rhododendron dapat mencegah hama serangga berbahaya seperti kumbang yang dapat merusak tanaman Anda.

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tanaman Pengusir Hama Serangga"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia