Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Menanam Tomat Dari Potongan Batangnya

Anda mungkin sudah terbiasa menanam tomat dari bijinya. Mungkin sekarang saatnya Anda menanam tomat dengan potongan batangnya. Teknik memperbanyak tanaman dengan memotong batang dan kemudian menanam ptotongan batang tsb sudah dikenal luas oleh para pecinta tanaman hias. Kini teknik menanam potongan batang tsb dapat digunakan pada sayuran. Anda pun dapat menanam tomat dari potongan batang ini di pot atau di kebun pekarangan rumah Anda. Cara budidaya tomat dari potongan batang ini merupakan cara yang sangat baik untuk mendapatkan kualitas tomat yang sama atau identik dengan tanaman tomat induknya.

Keuntungan Menanam Tomat Dari Potongan Batangnya


Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh bila menanam tomat dari potongan batangnya:

1. Anda akan mendapatkan tanaman tomat baru yang memiliki kualitas dan ketahanan terhadap penyakit yang mirip dengan tanaman induknya. Bila Anda atau tetangga Anda memiliki tanaman tomat dengan kualitas yang baik atau tanaman tomat import maka Anda dapat memperbanyak tanaman tsb dengan menanam tomat dari potongan batangnya.

2. Anda dapat menghemat biaya untuk pembelian biji atau bibit tanaman karena selanjutnya Anda dapat memperbanyak tanaman tomat dengan menggunakan potongan batangnya.

3. Anda dapat menghemat waktu. Bila Anda menanam tomat dari bijinya dan waktu pembibitan memerlukan waktu 6 sampai 8 minggu maka dengan teknik menanam tomat dari potongan batangnya maka Anda dapat menghemat waktu pembibitan karena pertumbuhan akar pada tanaman baru hanya memerlukan waktu 10-14 hari saja sampai tomat tsb siap untuk dipindahkan dan ditanam di kebun atau pot yang lebih besar.

cara menanam tomat dari potongan batangnya, cara budidaya tomat menggunakan batang, cara memperbanyak pohon tomat
Ilustrasi: Akar Tomat Yang Tumbuh Dari Potongan Batangnya


Cara Menanam Tomat Dari Potongan Batangnya


1.Anda harus memilih induk tanaman tomat yang sehat dengan hasil panen yang baik, buahnya manis dan lebat. Carilah cabang tomat di pertengahan tanaman. Potonglah cabang tomat menggunakan gunting atau pisau yang tajam. Buang semua bunga atau kuncup bunga dan sisakan hanya 2 helai daun saja.

2. Celupkan batang tomat ke dalam gelas atau botol yang berisi air. Atau Anda dapat menanamnya langsung di dalam pot yang berisi media tanam. Buatlah lubang untuk memudahkan penancapan batang tomat. Jagalah kelembaban tanaman dan media tanam dan simpanlah di tempat yang hangat tetapi tidak terkena cahaya matahari langsung selama proses penumbuhan akar tomat.

3. Bila Anda menggunakan air sebagai media untuk menumbuhkan akar tomat, maka setelah akar-akar baru terbentuk yaitu sekitar semingguan, pindahkan tanaman tsb dan tanamlah tomat di media tanam yang sesuai. Anda dapat menanam tomat dari potongan batang tsb di dalam pot yang berisi media tanam atau di pekarangan rumah.

4. Bila Anda langsung menaman potongan batang tomat tsb ke dalam tanah atau media tanam lainnya maka setelah 2 minggu Anda dapat memindahkan ke pot yang lebih besar atau tidak dipindahkan juga tidak masalah asal besar pot yang digunakan sesuai dan mendukung pertumbuhan tomat.

Itulah cara menanam tomat dari potongan batangnya. Bagaimana mudah bukan? Menumbuhkan akar tomat menggunakan air dalam botol gelas akan memberikan pelajaran yang menarik buat anak Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil ...

Baca juga: Cara Menanam Nanas Menggunakan Mahkotanya

Reference: gardenandfarm.blogspot.com; photo credit: youtube.com

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Menanam Tomat Dari Potongan Batangnya"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia