Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Yuk Manfaatkan Air Hujan Untuk Kebutuhan Air Tanaman Anda

Turunnya hujan merupakan berkah dari Sang Pencipta Alam kepada umatnya. Saat musim hujan tiba kadang kala air hujan mengalir begitu saja. Daya serap tanah yang berkurang dan kurangnya kapasitas penampungan air seperti di sungai, danau dll dapat menyebabkan banjir saat musim hujan tiba. Karena kurangnya penyerapan air permukaan tsb juga ke dalam tanah menyebabkan kekeringan sumber air pada saat musim kemarau. Banyak yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan air hujan tsb, salah satunya dengan menampung air hujan tsb dan digunakan kembali saat musim kemarau. Anda tak usah ragu menggunakan air hujan karena air ini sangat aman dikonsumsi maupun digunakan untuk menyiram tanaman.

Manfaat Air Hujan Untuk Kebun Anda

1. Air hujan sangat aman untuk tanaman Anda bahkan diminum sekalipun. Berbeda dengan air ledeng atau air yang diperoleh dari perusahaan air, air tsb telah diolah mengandung zat kimia tertentu yang dapat membahayakan tanaman Anda.
2. Memanfaatkan air hujan untuk menyiram tanaman Anda maka biaya pembelian air akan menurun.
3. Menampung air hujan saat musim hujan dapat mengurangi resiko terjadinya banjir.

Cara Menampung Air Hujan

Menampung air hujan saat musim hujan dan memanfaatkan kembali air tsb saat tidak hujan atau musim kemarau sudah dilakukan sejak jaman dahulu kala. Kebetulan masa kecil saya dihabiskan di daerah yang sulit air, oleh karena itu menampung air hujan merupakan salah satu solusi yang tepat.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menampung air hujan seperti:

1. Menampung air hujan ke dalam drum plastik atau drum lainnya.

cara mengumpulkan air hujan, cara memanfaatkan air hujan
Caranya sangat mudah dan murah karena tak perlu instalasi khusus di rumah Anda. Anda dapat memanfaatkan drum bekas lalu buatlah saluran air ke dalam drum tsb. Jangan lupa berikan kran di bagian bawah drum untuk mengalirkan air ke tanaman dengan memanfaatkan sistem gravitasi. Gunakan saringan pada pipa yang menghubungkan atap dan drum. Pastikan juga memiliki tutup untuk menghindari masuknya kotoran ke dalam drum. Anda pun dapat melakukan pengecatan pada drum dengan warna yang sesuai dengan tema rumah dan taman Anda sehingga drum tsb tetap dapat terlihat indah.



2. Membuat bak penampungan khusus.
Cara ini memerlukan biaya yang cukup lumayan karena perlu instalasi khusus. Anda dapat membuat kolam penampungan bawah tanah atau membuat bak di atas permukaan tanah.
Itulah cara memanfaatkan air hujan untuk tanaman. 

Di tempat saya tinggal, air hujan memang sengaja dimasukkan ke dalam air sumur yang kemudian airnya dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci, menyiram tanaman dll.

Yuk manfaatkan air hujan untuk kebutuhan air tanaman Anda, agar air hujan tsb tidak terbuang percuma, mumpung sekarang lagi musim hujan :-).
Selamat mencoba ...

Referensi: gardeningknowhow.com; photo credit: rainwaterharvesting.wordpress.com


Share this article :
+
1 Komentar untuk "Yuk Manfaatkan Air Hujan Untuk Kebutuhan Air Tanaman Anda"

manfaat air hujan untuk kebun bagus juga ternyata

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia