Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Tips Agar Pohon Jeruk Cepat Berbuah

Pada umumnya orang sangat menyukai buah jeruk karena rasanya yang manis, agak asam dan baunya sangat menyegarkan. Rasa dari makanan yang diberi perasan jeruk baik jeruk nipis maupun jeruk lemon dapat meningkatkan selera pemakannya. Bahkan bila kita sedang pusing karena kepanasan, air jeruk dapat memberikan kesegaran dan menggantikan cairan tubuh yang hilang. Anda tentunya ingin sekali dapat mengkonsumsi buah jeruk kapan saja bukan? Salah satu cara agar Anda dapat menikmati buah jeruk kapan saja dan tentunya lebih aman karena terhindar dari kejahilan para penjual buah yang sengaja menambahkan pengawet, pemanis dan belum lagi sisa pestisida.

Namun kadang kala Anda sering melihat pohon jeruk Anda tidak berbuah walaupun sudah musimnya. Agar pohon jeruk Anda dapat berbuah tentunya Anda harus mengetahui dulu alasan kenapa pohon jeruk Anda tidak berbuah lalu setelah mengetahui penyebabnya maka akan lebih mudah menentukan solusi yang tepat agar pohon jeruk Anda cepat berbuah.

penyebab pohon jeruk tidak mau berbuah, tips agar pohon jeruk cepat berbuah


Penyebab Pohon Jeruk Tidak Mau Berbuah


Ada beberapa penyebab kenapa pohon jeruk tidak kunjung berbuah. Kadang kala Anda melihat bunga jeruk muncul di pohon tsb namun tetap bunga yang tumbuh tidak mampu menghasilkan buah jeruk.

Berikut ini adalah hal-hal yang umum terjadi yang dapat menyebabkan pohon jeruk Anda terlambat atau tidak mau berbuah:
  1. Tidak terjadi pembuahan. Agar terjadi pembuahan maka bunga memerlukan angin atau serangga untuk menjatuhkan serbuk sari. Pada pohon jeruk yang Anda tanam di ruangan tertutup atau di dalam green house / rumah kaca sepertinya hal ini akan sulit karena ruangan tsb dapat menahan masuknya angin dan serangga. 
  2. Belum cukup umur. Tanyakan kepada toko tanaman langganan Anda untuk benih yang Anda beli termasuk jenis jeruk apa dan dapat berbuah dalam waktu berapa lama. 
  3. Kurang perawatan pada pohon jeruk Anda. Pohon jeruk tidak mendapatkan asupan air yang cukup, tidak mendapatkan nutrisi dan kurang pemangkasan. 
  4. Pohon jeruk Anda kurang mendapatkan sinar matahari. Sinar matahari sangat penting untuk melakukan fotosintesa sehingga tanaman dapat tumbuh sehat dan normal. 
  5. Suhu dingin dapat mematikan kuncup bunga jeruk yang muncul. 

Cara Agar Pohon Jeruk Cepat Berbuah


Setelah Anda dapat menemukan penyebab tidak berbuahnya pohon jeruk Anda maka Anda dapat menggunakan salah satu solusi di bawah ini disesuaikan dengan penyebabnya:

1. Jika pohon jeruk Anda berbunga namun buah tak kunjung muncul maka perlu dilakukan teknik pembuahan secara manual yaitu Anda dapat menggoyangkan cabang pohon jeruk yang berbunga agar serbuk jari dapat jatuh dan terjadilah pembuahan. Anda harus melakukan ini secara teratur selama tunas buah belum muncul dan bunga jeruk belum rontok.

2. Tunggulah pohon jeruk Anda sampai cukup umur. Anda pun dapat menggunakan hormon pemercepat pertumbuhan yang banyak tersedia di toko tanaman. Pastikan Anda mengikuti tata cara penggunaan yang ada pada kemasan.

3. Lakukan perawatan dengan benar dan teratur.

A. Penyiraman
  • Lakukan penyiraman seminggu sekali bila tidak ada hujan. Lakukan penyiraman dengan tangan perlahan-lahan atau menggunakan tekhik penyiraman menggunakan tetesan air sehingga tanah memiliki cukup waktu untuk menyerap air. 
  • Jika Anda menggunakan media tanam clay, Anda harus menyiramnya tiap hari tapi dalam jumlah yang sedikit karena clay tidak dapat menyerap air dan kelembaban. 
B. Pemupukan
  • Anda harus memperhatikan pemberian pupuk yang benar karena alih-alih mau menyuburkan tanaman malah membuat pohon jeruk Anda keracunan. Terlalu banyak unsur nitrogen pada pohon jeruk dapat menyebabkan tidak berbunganya pohon jeruk Anda. Anda dapat menggunakan pupuk yang telah didesain khusus untuk pohon jeruk yang memberikan komposisi nutrisi yang seimbang. Pastikan Anda mengikuti pentunjuk penggunaan yang ada di label kemasan untuk hasil yang sesuai diharapkan. 
  • Jika Anda menanam pohon jeruk di taman yang berumput maka gunakanlah jerami atau pupuk kompos untuk menutupi tanah yang berada di atas akar sehingga rumput tidak akan tumbuh di area tsb. 
C. Pemangkasan

Pemangkasan diperlukan untuk menghilangkan cabang atau dahan pohon yang rusak atau mati. Selain itu pemangkasan dapat memberikan bentuk yang indah dan rapih sesuai dengan selera Anda. Pemangkasan cabang pohon harus dilakukan secara teratur setiap 3-4 kali per tahun sehingga sinar matahari dapat masuk ke bawah pohon. Pemangkasan cabang juga dapat memicu pertumbuhan bunga dan buah.

4. Anda dapat memindahkan pohon Anda ke tempat yang mendapatkan banyak sinar matahari. Bila tidak memungkinkan maka Anda dapat memasang lampu sebagai tambahan sinar yang sangat diperlukan untuk fotosintesis tanaman.

5. Cuaca ekstrim atau perubahan cuaca yang tiba-tiba dan tidak biasanya dapat menyebabkan bunga rontok begitu saja. Bila tanaman jeruk Anda dalam pot, Anda dengan mudah memindahkannya ke dalam rumah untuk sementara waktu sampai cuaca normal kembali. Suhu yang terlalu dingin dapat menghambat mekarnya bunga. Bila pohon jeruk Anda kecil, Anda masih dapat menyelematkannya dengan memberi selimut pada kanopi pohon sehingga pohon jeruk dapat terlindungi. Namun cuaca ekstrim di Indonesia dengan suhu sangat dingin sangat jarang terjadi di Indonesia.

Selamat mencoba ...


Referensi: gardenandfarm.blogspot.com

Share this article :
+
3 Komentar untuk "Tips Agar Pohon Jeruk Cepat Berbuah"

KEUNGGULAN DAN MANFAAT PUPUK NPK SUPER+TE

Pupuk NPK SUPER + TE Memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang lebih baik dari pupuk tunggal atau pupuk majemuk lainnya, antara lain adalah :
1. Mengandung unsur hara lengkap dan seimbang, unsur hara makro primer, sekunder dan unsur mikro esensial yang sangat dibutuhkan oleh tanaman :
Nitrogen (N-Total)
Phosphate (P205 Total)
Phosphate (P205, As Sirat)
Photasium (K2O)
Magnesium (MgO)
(S)
(CaO)
Boron (B)
Copper (Co)
Zinc (Zn)
Manganese (Mn)
(Hg)
(Pb)
Cd
As
Biuret
Kadar Air

2. Bersifat Slow Release (Controlled Fertilizer) karena mengandung bahan pengikat dan terbungkus dengan bahan yang terbuat dari bahan organik, sehingga akan menjamin ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman sampai periode pemupukan berikutnya.

3. Efektifitas penyerapan pupuk sampai 95%, karena pupuk NPK SUPER + TE dibuat berbentuk batangan (Stick) dengan metode pemupukan ditanamkan kedalam tanah. Hal ini akan menghindari kehilangan pupuk yang diakibatkan oleh penguapan dan erosi/hanyut terbawa oleh air hujan.

4. Praktis, Ekonomis dan Efisien
• Praktis = Mudah dalam aplikasinya dan tidak perlu pemupukan yang berulang seperti untuk jenis pupuk tunggal.
• Ekonomis = Hemat tenaga kerja dan biaya transportasi serta perbandingan harga pupuk yang kompetitif.
• Efisien = Dikemas dalam kotak sehingga tidak memerlukan ruang yang besar dan tidak berbau.
5. Dapat digunakan untuk pemupukan tanaman perkebunan lainnya seperti jeruk, cacao, kopi, karet, kelapa dan tanaman buah-buahan seperti durian, mangga dan lain-lain.

Dari beberapa Testimoni pemakai Pupuk NPK SUPER + TE pada kelapa sawit, disimpulkan bahwa:
1. Dengan memakai pupuk NPK SUPER + TE mulai awal tanam pohon sawit didapat hasil bahwa Sawit akan berbuah pada 4 kali aplikasi atau 4 x 4 bulan = 16 bulan atau kurang dari 1,5 tahun.
2. Pohon yang hanya tumbuh bunga, tidak bisa berbuah akan menjadi bisa berbuah hanya dengan 3 x aplikasi.
3. Pada saat musim kemarau biasanya terjadi penurunan hasil TBS, dengan memakai pupuk NPK Super+TE hasil TBS masih tetap normal bahkan cenderung meningkat.

PEMESANAN DAPAT MENGHUBUNGI
CONTACK PERSON :
Ahmad Basuki
Hp. 081367795557
Pin bbm. 2b8f7bf8
Email. ahmadbasuki12@yahoo.co.id

Salam tani
Saya petani jeruk manis dr nabire papua
Yg mau sy tanyakan pohon jeruk sy udah 3 tahun buahnya gk bayak.
adakah sulusi dan cara agar tanaman jeruk sy berbuah lebat.
Trimakasih

Terimakasih atas responnya mas jay, Yang pertama tentunya benih sangat berpengaruh jadi pilih benih yang unggul.

Kedua perawatan yang cukup apalagi masalah pupuk, pemupukan juga harus bisa seimbang dan terawat.

Dan selanjutnya adalah lahan, kemungkinan lahan anda juga sedikit garam atau kalsium sehingga kita butuh pemupukan yang lebih serius.

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia