Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Segudang Manfaat Kayumanis Pada Tanaman

Saya yakin Anda sudah mengetahui kegunaan kayumanis sebagai bahan pemberi aroma pada kue, makanan maupun minuman. Namun apakah Anda juga mengetahui kegunaan kayumanis pada tanaman? Saya yakin bila Anda mengetahui manfaat kayumanis pada tanaman, Anda akan berpikir dua kali saat menggukan pestisida dan fungisida berbahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Oke daripada penasaran, berikut ini adalah beberapa manfaat kayumanis pada tanaman.

cara membuat fungisida alami, cara alami melindungi tanaman dari hama,


Manfaat Kayumanis Pada Tanaman

Banyak sekali manfaat kayumanis dan sebaiknya Anda gunakan kayumanis ini setiap hari untuk tanaman Anda.

1. Manfaat Kayumanis Untuk Mengusir Hama
Jika Anda menemukan banyak semut yang mengganggu di dalam rumah atau greenhouse Anda maka Anda dapat menggunakan kayumanis untuk mengusir semut tsb. Semut sangat tidak menyukai bila harus melewati atau mendekati serbuk kayumanis. Periksalah lubang tempat masuk hama seperti semut lalu taburkan kayumanis di sekitar lubang tsb. Gunakan serbuk kayumanis di bagian dalam dan bagian luar rumah. Kayumanis tidak akan membunuh semut tsb hanya mencegah masuknya semut ke dalam rumah dan greenhouse.

2. Manfaat Kayumanis Untuk Menumbuhkan Akar Pada Stek Tanaman
Salah satu cara memperbanyak tanaman adalah dengan stek yaitu batang pohon dipotong kemudian ditanam dalam media tanam maka akar baru akan muncul pada batang pohon tsb. Anda dapat menambahkan serbuk kayumanis pada potongan batang tsb dengan cara menaburkan sesendok serbuk kayumanis di atas kertas tisue lalu bungkuskan pada batang pohon yang dipotong tadi. Tanam potongan batang tadi di tanah atau media tanam. Kayumanis akan mempercepat pembentukan batang baru dan membantu melindungi tanaman Anda dari penyakit.

3. Manfaat Kayumanis Dalam Mengendalikan Jamur
Pada saat penyemaian, kondisi yang lembap menyebabkan tanaman akan mudah terserang jamur. Kayumanis dapat membasmi hama jamur dan membantu proses penyemaian terbebas dari penyakit. Kayumanis juga dapat menghambat penyebaran jamur dari tanaman yang sudah tua yang sering lapuk dan ditumbuhi jamur. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan bubuk kayumanis dengan air hangat sampai tercampur merata lalu biarkan semalaman. Saring campuran tsb dan ambil cairannya dan semprotkan cairan tsb pada batang dan daun tanaman yang terkena jamur, semprotkan juga pada tanah atau media tanam yang memiliki masalah jamur.

Itulah 3 manfaat kayumanis pada tanaman. Selamat mencoba ...

Referensi: gardeningknowhow.com; photo credit: pixabay.com


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Segudang Manfaat Kayumanis Pada Tanaman"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia