Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Ide Menanam Sayuran Di Balkon

Pada jaman sekarang ini, semakin sulit memperoleh rumah dengan lahan atau pekarangan karena semakin terbatasnya lahan yang tersedia dan bila tersedia pun maka harganya sangat mahal. Oleh karena itu para pengembang perumahan lebih memilih membuat rumah susun, apartemen maupun kondominium dengan sistem rumah vertikal. Mau tak mau tinggal di rusun atau apartemen menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Kaitannya dengan perkebunan, untuk memperoleh sayuran yang sehat dan murah hasil kebun sendiri maka Anda masih dapat menyalurkan hobi berkebun Anda dan memberikan sumbangan udara segar dan bersih pada tempat tinggal Anda dengan cara menanam tanaman dengan memanfaatkan balkon. Tanaman yang dapat ditanam bermacam-macam mulai dari sayuran, tanaman obat maupun tanaman hias, tetapi saya lebih merekomendasikan untuk menanam sayuran di balkon karena sayuran adalah salah satu tanaman yang sering kita konsumsi sehingga bisa menghemat pengeluaran anggaran belanja dan tentunya dapat menjamin sayuran yang Anda konsumsi lebih segar dan sehat.

cara menanam sayuran di balkon apartemen

Cara Menanam Sayuran di Balkon


1. Siapkan pot yang akan digunakan untuk menanam sayuran. Pastikan pot tsb memiliki lubang drainase di bagian bawah.

2. Siapkan media tanam. Media tanam yang digunakan sebaiknya material bukan tanah. Anda dapat menggunakan sekam, clay, perlit, serbuk gergaji dsb.

3. Masukkan batu kerikil di bagian bawah pot dengan ketinggian kurang lebih 1cm. Batu tsb akan meningkatkan aliran drainase untuk mengeluarkan kelebihan air dalam pot.

4. Masukkan media tanam ke dalam pot.

5. Buatlah lubang di tengah pot lalu tanamlah bibit sayuran yang Anda senangi. Anda dapat melakukan pembenihan dulu dari biji sayuran sebelum melakukan penanaman dalam pot.

6. Letakkan pot di balkon dan susunlah agar terlihat rapi dan cantik.

7. Siramlah tanaman Anda setiap hari atau tergantung kebutuhan. Bila tanaman Anda terletak di balkon yang tidak beratap maka Anda tak perlu melakukan penyiraman saat musim hujan.

8. Rawatlah tanaman Anda dengan penuh kasih sayang.

9. Lakukan pemanenan setiap kali sayuran Anda siap panen. Jangan biarkan sayuran Anda mengering.

Itulah cara menanam sayuran di balkon. Selamat mencoba...


Referensi: gardeningknowhow,com, sumber foto: pinterest.com

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Ide Menanam Sayuran Di Balkon"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia