Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Ide Kreatif Membuat Dinding Tanaman Hidup Di Dalam Rumah

Mungkin Anda pernah melihat dinding tanaman hidup baik di di taman luar maupu di lobby hotel atau perusahaan. Indah bukan? Anda pun dapat membuat dinding tanaman hidup yang serupa di dalam rumah Anda. Dinding tanaman hidup merupakan salah satu bentuk taman vertikal dan merupakan salah satu solusi untuk memperindah dinding rumah yang kosong atau membuat taman yang indah di area yang terbatas.

Dinding tanaman hidup merupakan taman vertikal yang terbuat dari beberapa tanaman atau dinding yang sengaja ditutup dengan tanaman. Untuk membuat dinding tanaman hidup sederhana, Anda cukup merambatkan tanaman merambat yang banyak dijual di toko atau penjual tanaman. Walaupun pembuatan dinding tanaman hidup tergantung dari desain dan jenis tanamannya namu pada prinsipnya diperlukan sistem pendukung yang meliputi pembatas untuk melindungi tembok dari tanaman, tempat untuk mengalirkan air, dan media tanam. Selain itu dinding tanaman hidup juga perlu perawatan seperti pemangkasan sehingga dinding tanaman hidup Anda atau taman vertikal Anda akan terlihat tertata rapi dan indah.


cara membuat taman vertikal di rumah, cara membuat dinding tanaman hidup di dalam rumah


Tanaman Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Dinding Tanaman Hidup


Pada prinsipnya semua tanaman yang merambat dapat digunakan untuk membuat dinding tanaman hidup. Selain tanaman yang merambat, Anda dapat menggunakan jenis tanaman gantung.
Ivy, philodendron, lily adalah beberapa contoh tanaman yang dapat digunakan untuk membuat dinding tanaman hidup. Anda pun dapat menambahkan lumut untuk mempercantik taman Anda.


1. Pilihlah Desain Taman Vertikal atau Dinding Tanaman Hidup Anda

Anda dapat membuat dinding tanaman hidup sesuai dengan desain taman vertikal yang Anda sukai, yang cocok dengan rumah Anda dan sesuai dengan keahlian Anda seperti desain formal atau informal, taman yang kecil dan sederhana atau taman yang besar dan rumit. 
Anda dapat menggunakan dinding rumah Anda yang sudah tersedia atau membangun dinding baru sesuai letak taman yang Anda inginkan. 

2. Pastikan Lokasi Taman Dinding Anda Akan Memperoleh Cahaya Yang Cukup

Cahaya merupakan salah satu faktor primer yang sangat diperlukan tanaman untuk melakukan fotosintesis sehingga tanaman dapat tumbuh sehat. Sebelum Anda membuat dinding tanaman hidup maka Anda harus memikirkan aspek cahaya ini apakah taman Anda akan akan memperoleh cahaya matahari yang cukup dari jendela, pintu atau atap. Bila sulit mendapatkan cahaya matahari maka Anda harus memasang penerangan khusus untuk keperluan hidup tanaman Anda dan ini tentunya memerlukan biaya tambahan.


3. Pemilihan Tanaman Yang Cocok

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, Anda dapat menaman berbagai jenis tanaman merambat atau gantung atau mengkombinasi keduanya. Bila Anda telah mengetahui luas area pembuatan taman maka Anda dapat menghitung kebutuhan jumlah tanaman.

4. Pembuatan Struktur Dinding Tanaman Hidup

Anda harus memikirkan stuktur dinding tanaman hidup dengan sistem pengairan di dalamnya. Dengan begitu maka Anda dapat memastikan semua tanaman Anda akan mendapatkan pasokan air dengan mudah dan lebih efektif dibandingkan Anda harus menyiramnya menggunakan selang dsb, tentunya rumah Anda akan basah atau becek. Sistem pengairan yang sederhana adalah air akan mengalir dari bagian atas dinding lalu turun membasahi tanaman Anda. Anda perlu melapisi dinding tembok rumah Anda dengan cat anti air sehingga dinding tembok Anda akan aman dari kebasahan dan kelembaban yang dapat merusak dinding rumah Anda.
Anda dapat membuat rangkaian dari media tanam dan kawat pada dinding yang telah dilapisi cat / pelapis anti air atau membuat kisi-kisi untuk tanaman gantung Anda atau Anda dapat menempelkan pot yang berisi tanaman ke dinding tembok. Ada juga yang membuat dinding tanaman hidup terintegrasi dengan kolam ikan atau aquarium.

Apapun desain taman dinding tanaman hidup yang Anda pilih maka harus disesuaikan dengan kemudahan untuk pembersihan, pengairan, penggantian pot dsb. Taman dinding tanaman hidup Anda dapat Anda desain sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda.

Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi untuk membuat taman vertikal di lahan yang sempit atau memanfaatkan dinding dalam rumah Anda untuk memberikan kesejukan, keindahan dan meningkatkan kenyamanan para penghuni rumahnya. Selamat mencoba ..

Referensi: gardeningknowhow.com, photo credit: wikipedia.org


Share this article :
+
1 Komentar untuk "Ide Kreatif Membuat Dinding Tanaman Hidup Di Dalam Rumah"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia