Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Menanam Wortel Dalam Pot Di Dalam Rumah

Wortel merupakan salah satu tanaman sayur akar yang banyak digunakan dalam masakan maupun dijus. Kita biasanya memperoleh wortel dari tukang sayur atau membelinya di supermarket. Namun bila Anda mau, Anda pun dapat menanamnya di rumah dan memperoleh segudang manfaat wortel untuk kesehatan Anda. Untuk menanam wortel di rumah Anda, Anda tak perlu menanamnya di kebun yang luas. Bila pekarangan rumah Anda terbatas maka Anda dapat mengakalinya dengan menanam wortel dalam pot. Ingin tahu bagaimana caranya? yuk langsung saja dibaca artikel di bawah ini.

cara menanam wortel indoor, cara menanam wortel dalam pot dari bijinya

Cara Menanam Wortel Dalam Pot Di Dalam Rumah


Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditanam di dalam pot. Pot yang berisi tanaman wortel dengan daunnya yang hijau segar dapat juga digunakan sebagai hiasan di dalam rumah Anda.

1. Siapkan pot untuk menanam wortel. Karena wortel merupakan sayuran akar yang tumbuh ke dalam maka kedalaman pot sangat penting agar diperoleh wortel dengan panjang dan besar yang diharapkan. Pilihlah pot dengan kedalaman sekitar 30-40cm untuk memperoleh wortel dengan ukuran panjang standar atau pot dengan kedalaman sekitar 20-25 cm untuk memperoleh wortel dengan ukuran lebih pendek.

2. Pastikan pot yang Anda gunakan bersih, apalagi untuk pot bekas tanaman lain. Cucilah pot dan keringkan sebelum ditambahkan media tanam.

3. Siapkan media tanam. Anda dapat membeli media tanam yang sudah jadi atau membuatnya sendiri. Media tanam yang cocok untuk penanaman wortel adalah media tanam yang porous artinya tidak mudah padat. Untuk media menggunakan tanah, Anda dapat mencampurkan tanah merah, kompos dan pasir halus dengan perbandingan yang sama. Anda pun dapat menggunakan batang pakis dengan campuran sedikit pasir bila Anda berencana menggunakan media non tanah.

4. Masukan media tanam ke dalam pot dan sisakan ruang kosong sekitar 2-3 cm dari atas pot.

5. Buatlah lubang dengan jarak sekitar 3-5 cm tiap lubangnya.

6. Masukkan bibit wortel ke dalam lubang, tiap lubang 2 bibit, lalu tutup dengan media tanam. Anda dapat membeli biji wortel dari toko tanaman kepercayaan Anda.

7. Siram pot dengan air secukupnya.

8. Letakkan pot di dekat jendela yang menerima sinar matahari langsung. Dan beri ruang antar pot dengan tanah.

9. Pastikan media tanam tetap lembap. Bila kering siramlah dengan air secukupnya.

10. Pangkaslah daun saat ketinggian tanaman mencapai sekitar 3 cm.

11. Perhatikan posisi tanaman wortel Anda, bila agak bengkok maka berilah tambahan media tanam. Bila cabang bengkok maka akar tidak akan terbentuk sempurna. Begitu pula bila akar mencuat ke atas pot, segera tutupi dengan media tanam karena akar yang terkena sinar matahari akan berwarna hijau dan tak dapat dimakan.

12. Setelahh tanaman wortel Anda memiliki ketinggian sekitar 8-10 cm maka saatnya Anda memberikan pupuk. Anda dapat memberikan pupuk cair organik setiap 2 minggu sekali.

13. Wortel sangat rentan terhadap serangan jamur apalagi bila sistem drainase potnya kurang baik. Bila terjadi serangan jamur, gunakan cairan anti jamur seperti belerang atau gunakan serbuk kayumanis yang lebih alami.

14. Anda dapat mulai memanen wortel pada umur 2-2,5 bulan tergantung pada jenis wortel yang Anda tanam. Semakin cepat Anda memanen wortel Anda maka rasanya akan semakin manis.

Itulah cara menanam wortel dalam pot di dalam rumah. Selamat mencoba ...

Referensi: gardeningknowhow.com; republika.co.id

Share this article :
+
2 Komentar untuk "Cara Menanam Wortel Dalam Pot Di Dalam Rumah"

terimakasih sudah baca dan aprove, kunjungi juga mediatani.com untuk tambah pengetahuan bercocok tanam.

cari bibit wortel dimana......................

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia