Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Menanam Bawang Daun Di Dapur Rumah Anda

Bawang daun adalah tanaman sejenis bawang. Berbeda dengan bawang lainnya, bawang daun tidak memiliki umbi dan justru yang dimanfaatkan untuk membuat berbagai masakan adalah daunnya. Pemakaian bawang daun ini biasanya hanya sedikit hanya sebagai pelengkap saja. Kadang bawang daun yang kits beli dari tukang sayur maupun di pasar sering berlebih dan terbuang percuma. Daripada mubazir, bagaimana bila kita menanam bawang daun sendiri, caranya pun cukup mudah, Anda dapat menanam daun bawang di pekarangan rumah atau bahkan di dapur Anda. Bila di dapur Anda tentunya media tanam yang digunakan adalah air atau yang lebih dikenal dengan Hidroponik agar dapur Anda tampak bersih dan Indah.

cara menanam bawang daun secara hidroponik, cara menanam bawang daun di dapur, cara menanam bawang daun di wadah bekas, budidaya bawang daun sederhana

Cara Menanam Bawang Daun Menggunakan Air


1. Penyiapan Bibit Bawang Daun
Untuk mendapatkan bibit bawang daun caranya mudah saja, Anda tinggal membeli bawang daun untuk keperluan memasak tapi pastikan bawang daun yang Anda beli masih memiliki akar dan terlihat segar. Potong daun bawang yang bberwarna hijau dan sisakan batang yang berwarna putih termasuk akarnya.

2. Penyiapan Media Tanam Dan Wadahnya
Siapkan wadah bekas air mineral atau bila ingin terlihat cantik Anda dapat menggunakan toples. Pastikan wadah yang digunakan adalah bersih, bila diperlukan cuci dahulu. Isi dengan air bersih secukupnya sampai dapat merendam akar bawang. Bila Anda menggunakan air ledeng atau PDAM sebaiknya air tsb diinapkan dulu semalaman untuk mengurangi bau klorin. Namun bila air sumur dapat langsung digunakan.

3. Penanaman Bawang Daun
Masukkan potongan batang termasuk akarnya tadi ke dalam wadah yang berisi air bersih. Sesuaikan volume air. Letakkan wadah yang berisi tanaman di dekat jendela sehingga masih dapat terkena sinar matahari.

4. Perawatan
Sebetulnya penanaman bawang daun secara hidroponik sederhana ini hampir tak memerlukan perawatan kecuali untuk menambahkan media air dan mengganti media air secara rutin. Lakukan pencucian wadah dan ganti air yang digunakan setiap minggunya untuk menghindari jenuhnya akar dalam pengambilan udara. Tambahkan air setiap kali air dalam wadah berkurang.

5. Pemanenan
Anda dapat melakukan pemanenan bawang daun kapan saja asalkan daun nya sudah lumayan panjang dan dapat dipotong.

Itulah cara mudah menanam bawang daun di rumah secara hidroponik Selamat mencoba ...

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Menanam Bawang Daun Di Dapur Rumah Anda"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia