Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Memberikan Air Dari Bawah Pada Tanaman Dalam Pot

Pemberian air pada tanaman sangatlah penting dilakukan untuk memastikan kebutuhan air di tanaman tetap terpenuhi karena air merupakan salah satu faktor esensial untuk pertumbuhan tanaman. Pemberian air pada tanaman biasanya dilakukan dengan penyiraman air dari atas. Penyiraman tanaman dari atas untuk tanaman dalam pot merupakan cara yang efektif untuk memperoleh kelembaban yang diperlukan tanaman namun ternyata cara tersebut kurang cocok untuk beberapa tanaman.

cara memberikan air pada tanaman dalam pot yang benar

Beberapa tanaman dapat berubah warna dan muncul bintik-bintik pada daun bila daunnya terkena air. Jika akar tanaman terlalu penuh dalam pot maka air yang disiramkan akan mengalir begitu saja dan tidak mampu tersimpan di tanah atau media tanam. Untuk menghindari hal tsb maka salah satu solusinya adalah dengan memberikan air dari bawah pada tanaman dalam pot. Pemberian air dari bawah akan menambah kelembaban tanah. Selain itu dengan memberikan air dari bawah pot juga akan menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu sering-sering memberikan air pada tanaman kesayangan Anda.

Pemberian air dari bawah pada tanaman dalam pot akan membuat akar tanaman lebih kuat karena akar akan terus tumbuh ke bawah mencari kelembaban. Pemberian air dari bawah pot ini dapat digunakan untuk seluruh tanaman yang ditanam dalam pot baik yang diletakkan di dalam rumah maupun di luar rumah.

Cara Memberikan Air Dari Bawah Pot Pada Tanaman Dalam Pot


1. Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan air adalah dengan cara menekan tanah antra pot dan batang tanaman dengan menggunakan jari. Bila jari Anda tidak merasakan basah pada tanah dalam pot maka itu adalah waktu yang tepat untuk memberikan air.

2. Masukan air bersih ke dalam wadah yang cukup besar yaitu cukup menampung pot berisi tanaman. Air yang digunakan sedemikian banyak cukup merendam bagian bawah pot namun tidak menyentuh bagian atas pot. Bila Anda menggunakan air ledeng sebaiknya inapkan dulu air tsb semalaman untuk mengurangi kadar klorine, tetapi bila Anda menggunakan air sumur maka akan lebih baik.

3. Masukkan pot yang berisi tanaman selama 10 menit atau Anda dapat melakukan pemeriksaan kelembaban tanah lagi dengan cara menekan tanah menggunakan jari. Jika terasa masih kering maka lakukan penambahan waktu perendaman menjadi 20-30 menits. Buanglah kelebihan air.

4. Pemberian air dari bawah pot dapat menjaga kelembaban pada akar secara seragam tetapi sistem pengairan ini tidak mampu membuang kelebihan garam dan mineral yang ada pada tanah karena pemupukan dll sehingga perlu dilakukan penyiraman dari atas tanah sebulan sekali untuk membilas dan membuang kelebihan mineral pada tanah dalam pot.

Itulah cara memberikan air dari bawah pot pada tanaman dalam pot atau tambulapot sebagai alternatif untuk mengurangi penyakit yang timbul karena penyiraman air dari atas pada tanaman. Selamat mencoba ...

Referensi: gardeningknowhow.com


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Memberikan Air Dari Bawah Pada Tanaman Dalam Pot"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia