Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasi Kekurangan Nutrisi Pada Tanaman

Nutrisi yang cukup sangat diperlukan oleh tanaman untuk melangsungkan hidupnya. Sepertinya kebutuhan nutrisi pada manusia, terpenuhinya kebutuhan nutrisi pada makanan akan tetap menjaga tanaman tumbuh sehat dan memberikan hasil panen yang optimal. Pada cara penanaman konvensional, tanaman akan mengambil nutrisi melalui akarnya dari dalam tanah. Namun pada cara penanaman secara hidroponik, tercukupinya nutrisi tanaman hidroponik akan sangat tergantung pada penanamnya untuk terus memberikan nutrisi yang cukup dan sesuai pada media air di mana akar tanaman terdapat di dalamnya. Lalu bagaimana tanda-tanda sebuah tanaman kekurangan nutrisi dan bagaimana cara mengatasi tanaman kekurangan nutrisi?

Tanda-Tanda Tanaman Kekurangan Nutrisi

Nutrisi esensial /penting yang diperlukan oleh tanaman ada 3 unsur yaitu N (Nitrogen), P (Phosfor) dan K (Kalium). Kekurangan ketiga nutrisi tsb dapat dilihat tanda-tandanya pada tanaman terutama bagian daun.

cara mengatasi kekurangan nutrisi pada tanaman, tanaman kekurangan gizi
1. Kekurangan Nitrogen
Nitrogen sangat berperan dalam proses fotosintesis atau proses pembentukan energi pertumbuhan dari makanan / nutrisi. Kekurangan nitrogen akan menyebabkan perubahan warna pada daun, biasanya menjadi coklat atau kuning. Tanda-tanda perubahan warna ini terjadi karena kekurangan produksi klorofil (zat hijau daun) dan disebut sebagai klorosis. Bila hal ini berlangsung terus menerus maka tanaman akan berhenti tumbuh atau pertumbuhannya sangat lambat.

2. Kekurangan Fosfor
Fosfor sangat berperan untuk menguatkan akar dan biji tanaman sehingga sangat penting untuk proses reproduksi yang sehat. Tanaman yang kekurangan phosfor akan terlihat dari daunnya yang lebih gelap dibandingkan biasanya.

3. Kekurangan Kalium
Kalium sangat berperan dalam pertumbuhan dan kesehatan tanaman, membantu sistem kekebalan tubuh tanaman. Tanaman yang kekurangan kalium maka akan terjadi perubahan warna pada ujung daun atau tanaman tidak berbunga pada saatnya.

Cara Mengatasi Kekurangan Nutrisi Pada Tanaman

Bila Anda menemukan tanda-tanda di atas pada tanaman Anda, maka caranya mudah saja, Anda dapat menambahkan pupuk. Terserah Anda apakah Anda akan menggunakan pupuk organik atau pupuk lainnya.

Referensi: powerhousehydroponics.com, photo credit: hydroponiq.com



Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasi Kekurangan Nutrisi Pada Tanaman"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia