Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kelebihan Lampu LED Untuk Tanaman

Cahaya merupakan unsur yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Tanaman memerlukan cahaya untuk dapat melakukan proses fotosintensis yang sangat penting diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Cahaya dapat diperoleh secara alami dari sinar matahari. Namun bila Anda menanam tanaman di dalam ruangan di mana intensitas sinar matahari sangat sulit diperoleh maka Anda dapat mengganti sinar matahari tsb dengan cahaya lampu.

Ada beberapa cahaya lampu yang digunakan seperti LED (Light Emitting Diode), HID (High Intensity Diode), neon, metal halide, lampu natrium dll. Penting sekali menentukan tipe lampu yang sesuai agar menunjang pertumbuhan tanaman yang optimal. Lampu LED merupakan lampu hasil teknologi terbaru dibandingkan jenis lampu lainnya. Teknologi cahaya lampu LED dan ilmu bertanam merupakan aspek penting dalam pertumbuhan tanaman, menyediakan solusi terbaik untuk tanaman dalam greenhouse atau tanaman dengan linkungan hidup yang terkendali. Lampu LED sekarang ini menjadi pilihan pada kebun atau taman vertical di dalam ruangan. Lampu LED tak hanya bagus untuk tanaman hidroponik namun tanaman konvensional lainnya di dalam greenhouse.

lampu LED untuk pertumbuhan tanaman, lampu LED untuk greenhouse, lampu LED untuk hidroponik

Kelebihan Lampu LED Untuk Tanaman

Teknologi lampu LED yang sedang digembor-gemborkan belakangan ini membawa banyak keuntungan yaitu:
1. Lampu LED memberikan cahaya dengan pilihan spektrum yang lengkap. Dengan menyediakan cahaya lampu yang sesuai dengan keperluan tanaman maka akan menghasilkan tanaman yang sehat dan hasl panen yang maksimal.
2. Lampu LED merupakan lampu hemat energi sehingga dapat menekan biaya pertanian atau perkebunan.
3. Lampu LED lebih tahan lama sehingga mengurangi penggantian lampu dan hal ini tentunya mengurangi biaya produksi pertanian atau perkebunan.
4. Lampu LED memberikan cahaya yang tidak terlalu panas dibandingkan lampu pijar. Suhu udara yang tidak terlalu panas sangat baik dalam menunjang pertumbuhan dan kesehatan tanaman.
5. Lampu LED tidak memberikan banyak radiasi sehingga lebih aman bila sinarnya langsung ditujukan pada tanaman.
6. Lampu LED tidak memerlukan reflektor (pemantul cahaya) seperti yang digunakan pada tipe lampu lainnya.
7. Lampu LED lebih ramah terhadap lingkungan sekitar.

Itulah 7 kelebihan lampu LED untuk tanaman yang di tanam di dalam ruangan atau greenhouse.

referensi: powerhousehydroponics.com, photo credit: common.wikipedia.org


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kelebihan Lampu LED Untuk Tanaman"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia