Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kandungan Nutrisi Dan Khasiat Pisang

Pisang merupakan salah satu tanaman buah yang sangat populer di Indonesia selain pepaya dan buah pisang seringkali menjadi pilihan buah pencuci mulut di kantin-kantin, warung dan acara pesta karena rasanya yang enak dan terdapat kulit sehingga dirasa lebih higienis.

Pisang memiliki aneka ragam bentuk dan rasa, ada pisang tanduk, pisang raja, pisang ambon dll dan pada umumnya tidak memiliki biji. Tanaman pisang biasanya dikembang biakan melalui tunas.

Tak hanya enak di mulut, buah pisang yang memiliki nama latin Musa Paradisiaca ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap sehingga orang-orang bule di luar negeri sering bilang bahwa buah pisang merupakan buah "super food" karena kandungan nutrisinya yang lengkap dan mengenyangkan sehingga sering menjadi pilihan menu diet.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

buah pisang untuk penyakit jantung, buah pisang untuk ibu hamil, pisang untuk diet
Informasi Gizi Buah Pisang Per 100 gram buah:
Energi 372 kj, 89 kkal
Lemak 0,33 g
Lemak Jenuh 0,112 g
Lemak tak Jenuh Ganda 0,073 g
Lemak tak Jenuh Tunggal 0,032 g
Kolesterol 0 mg
Protein 1,09 g
Karbohidrat 22,84 g
Serat 2,6 g
Gula12,23 g
Sodium 1 mg
Kalium 358 mg
Kalsium 100 mg
Vitamin A 300 IU
Vitamin B (B1, B2, B6, B12) 100 mg 

Selain itu buah pisang juga mengandung sejumlah vitamin D dan vitamin Z juga sejumlah mineral lain seperti fosfor, besi, sodium, magnesium dan seng (zinc).

Khasiat Buah Pisang

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam pisang dapat berfungsi untuk mencegah serangan infeksi seperti flu dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dan Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu penyebab terjadinya penyakit hipertensi / tekanan darah tinggi adalah banyaknya konsumsi garam. Kalium yang terdapat dalam pisang dapat menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan ion natrium (yang biasa terdapat pada garam dapur) sehingga membantu keseimbangan elektrolit dan cairan untuk mengendalikan tekanan darah. Kalium pun sangat baik untuk menyehatkan jantung. Kandungan serat dalam pisang dapat mengikat lemak sehingga mencegah terjadinya plak yang dapat menyempitkan pembuluh darah. Kandungan vitamin C sebagai antioksidan pun dapat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang dapat membentuk gumpalan yang beresiko menyumbat pembuluh darah penyebab sakit jantung.

3. Kesehatan Janin

Asam folat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk pertumbuhan janin dan mencegah cacat janin, asam folat dalam pisang pun termasuk salah satu asam folat yang mudah diserap oleh janin.

4. Mengatasi Penyakit Anemia (Kurang Darah)

Zat besi merupakan salah satu zat yang sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kandungan zat besi dalam pisang dapat dengan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga sangat baik untuk mengatasi penyakit anemia. Bila Anda menderita anemia, Anda dapat mengkonsumsi buah pisang 2 kali sehari sebagai tambahan asupan makanan.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah pisang memiliki khasiat antasida yaitu dapat mengobati penyakit maag karena tingginya asam lambung. Selain itu pisang pun dapat menguatkan dinding lambung dan mencegah tukak lambung (luka pada lambung). Kandungan serat pada pisang dapat melancarkan saluran pencernaan.

6. Menurunkan Berat Badan

Kandungan lemak yang rendah dan tanpa kolesterol pada pisang dapat digunakan sebagai menu diet yang cukup mengenyangkan. Selain itu kandungan serat pada pisang dapat melancarkan proses pencernaan. 

7. Mengencangkan Kulit

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C pada pisang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya keriput dan penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu sekarang ini banyak sekali masker perawatan kulit yang terbuat dari pisang.
Buah pisang sangat enak bila langsung dimakan atau diolah seperti dibuat keripik dengan berbagai macam rasa, dikolak, digoreng, direbus, dibuat kue, dibuat jus atau dibuat smoothie.

Selain buahnya, daun dan jantungnya pun dapat dimanfaatkan. Sebagian masyarakat pedesaan memanfaatkan jantung pisang sebagai sayur pendamping nasi.

Sementara daunnya seringkali digunakan sebagai bahan pembungkus makanan seperti pada lemper, lontong, aneka pepes. Daun pisang untuk membungkus suatu makanan kemudian di bakar / dipanggang dapat memberikan sensasi bau penggugah selera yang luar biasa.


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kandungan Nutrisi Dan Khasiat Pisang"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia