Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Pare


manfaat buah pare untuk kesehatan, cara mengobati diabetes dengan pare, manfaat pare untuk kecantikan

Pare merupakan salah satu tanaman sayur yang merambat. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis. Rasanya yang unik dan pahit membuat sebagian orang malas memakannya padahal di balik rasa pahitnya itu terdapat kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh dan juga khasiat pare yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bagian tanaman pare yang biasa digunakan untuk makanan maupun pengobatan adalah bagian buahnya.

Kandungan Nutrisi Buah Pare

Setiap buah pare dengan berat 100 g mengandung:

Energi: 29 kal
Protein: 1,1 g
Lemak: 0,3 g
Karbohidrat: 6,6 g
Serat: 1,5 g
Kandungan Mineral: Kalsium: 45 mg, Fosfor: 64 mg, Zat Besi: 1,4 mg
Kandungan Vitamin: Vitamin A: 180 IU, Vitamin B1: 0,08 mg, Vitamin C: 52 mg
Air: 91,2 g

Khasiat Buah Pare

1. Pare Dapat Mengobati Diabetes

Pare mengandung zat penurun kadar gula dalam darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki resiko diabetes. Biasanya orang menggunakan pare untuk pengobatan diabetes dalam bentuk jus buah pare. Selain buahnya, biji pare pun memiliki khasiat yang sama yaitu mampu menahan kenaikan gula darah setelah makan.

 

2. Manfaat Pare Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan lesichin dan kandungan antioksidan vitamin C dalam pare mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan serangan sel kanker. Selain itu kandungan alpha-momocharin atau MAP 30 dalam pare dapat digunakan untuk memerangi perkembangan virus HIV.

 

3. Khasiat Pare Untuk Melancarkan Saluran Pencernaan

Buah pare kaya dengan kandungan serat sehingga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Konsumsi buah pare pun sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memiliki berat badan ideal. 

 

4. Pare Dapat Melancarkan Saluran Pernapasan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan konsumsi buah pare secara rutin dapat meningkatkn respon indra pengecapan dan mengaktifkan saluran pernapasan. Dengan demikian saluran pernapasan menjadi lebih luas untuk mengakomodasi masuknya udara yang lebih banyak. Oleh karena itu buah pare sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki penyakit asma.

 

5. Buah Pare dan Kecantikan

Kandungan vitamin C dalam buah pare sebagai antioksidan dapat membantu melawan serangan radikal bebas penyebab kulit kering, keriput dan kusam. 

Selain 5 manfaat buah pare untuk kesehatan dan kecantikan di atas, sayuran pare pun dapat digunakan untuk menurunkan demam, mengobati bisul, disentri amuba, wasir, bronkhitis, penyakit malaria dan penyakit kuning.

Walaupun terdapat segudang manfaat buah pare untuk kesehatan namun sebelum Anda menggunakannya sebaiknya Anda memperhatikan dulu kondisi kesehatan Anda. Sebaiknya sayur pare tidak dimakan oleh orang yang memiliki kecenderungan kadar gula darah rendah. Buah pare pun sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena dikhawatirkan dapat terjadi keguguran.


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kandungan Nutrisi dan Khasiat Pare"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia