Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Mencegah Dan Mengatasi Bercak Pada Daun Tanaman Karena Serangan Jamur

penyebab bercak coklat pada tanaman, cara mencegah bercak coklat pada daun, cara mengatasi bercak pada daun tanaman, cara mengatasi serangan jamur pada tanaman
Mungkin Anda pernah melihat daun pada tanaman kesayangan Anda berbercak? Salah satu penyebab terjadinya bercak coklat pada daun karena adanya serangan jamur apalagi di Indonesia yang kelembabannnya sangat tinggi yang merupakan tempat hidup yang nyaman buat jamur.

Bercak pada daun karena serangan jamur dapat ditemui baik pada tanaman dalam rumah maupun di kebun. Bercak pada daun ini terjadi ketika spora jamur di udara mendapatkan tempat hidup yang cocok yaitu hangat, lembab dan permukaan tanaman untuk melekat. Saat itulah spora tersebut kemudian tumbuh dan berkembang biak kemudian terjadilah bercak coklat pada daun. Bercak tersebut akan terus membesar sehingga membentuk seperti jerawat. Selanjutnya daun berubah menjadi coklat dan jatuh ke tanah menunggu tempat hidup berikutnya.

Cara Mencegah Bercak Pada Daun

Jamur pada tanaman seperti jamur-jamur lainnya memerlukan 2 hal untuk hidup yaitu kelembaban dan sirkulasi udara yang buruk.

Cara Mencegah Bercak Pada Daun Khusus Tanaman Dalam Rumah

Bercak pada daun di tanaman hias atau tanaman dalam rumah dapat dicegah dengan menyiram hanya pada tanah atau media tanam saja. Hindari air mengenai daun tanaman. Selain itu letakkan pot dengan jarak yang cukup dan pastikan mendapatkan sirkulasi udara yang memadai.

Cara Mencegah Bercak Coklat Pada Daun Khusus Tanaman Di Pekarangan

  • Lakukan penyiraman di pagi hari sehingga memberikan waktu yang cukup untuk menguapkan kelembaban pada daun.
  • Pangkas daun secara teratur sehingga tidak terlalu rimbun.
  • Cuci alat untuk memangkas atau memotong dengan larutan desinfektan setelah selesai digunakan. Larutan desinfektan dapat dibuat dengan cara mencampurkan 1 bagian larutan pemutih pakaian dengan 10 bagian air.

Cara Mengatasi Daun Berbercak Karena Serangan Jamur

Khusus untuk tanaman hias dalam rumah, Anda dapat memisahkan pot tanaman yang memiliki bercak pada daun.Pemisahan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit ini ke tanaman lain. Buang semua daun yang berpenyakit.

Untuk tamanan di kebun, cara mengatasi bercak daun tergantung dari pilihan Anda.
Untuk tanaman organik, Anda dapat menyemprotkan larutan soda yang dibuat dengan cara mencampurkan 1/2 sendok teh dalam 1 galon air. Bila bukan tanaman organic, Anda dapat mencoba menyemprotkan fungisida yang terdapat di toko-toko tanaman. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan sebelum menggunakan.

Selamat mencoba ...

photo credit: flickr.com

Share this article :
+
2 Komentar untuk "Cara Mencegah Dan Mengatasi Bercak Pada Daun Tanaman Karena Serangan Jamur"

gan tapi tanaman ane setelah disemprot fungisida malah daunnya pada bercak putih

cara mengatasinya gimana gan

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia