Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Menanam Kubis / Kol Di Pekarangan Rumah

Kubis atau kol merupakan jenis sayuran yang sangat mudah ditanam. Sayuran kubis ini memiliki daun yang lebar dan biasanya daunnya berwarna putih, hijau, ungu atau merah. Namun yang sering kita temui di pasar tradisional adalah kubis / kol berdaun putih kehijauan. Sayuran ini sangat mudah tumbuh di tanah yang subur, yang penting adalah Anda dapat memilih varietas kubis/kol yang cocok dengan kondisi alam daerah Anda. Dengan teknik menanam dan menjaga tanaman dari serangan hama akan membantu Anda memperoleh hasil panen yang diharapkan.

cara menanam kol di pekarangan rumah

Cara Menanam Kubis / Kol di Pekarangan Rumah

1. Anda dapat menanam kubis / kol dari biji atau benih kubis yang banyak tersedia di toko tanaman terdekat Anda.

2. Siapkan pekarangan rumah Anda, gemburkan tanah pekarangan dan berilah pupuk kompos dan kandang secukupnya. Campurkan dan biarkan selama kurang lebih seminggu.

3. Setelah seminggu, gemburkan lagi tempat penanaman.

4. Buatlah lubang di pekarangan Anda dengan kedalaman sekitar 1-2 cm dan jarak antara lubang sekitar 25-50cm. Semakin berdekatan letak penanaman maka semakin kecil kepala kubis atau kol yang dipanen.

5. Masukan biji kubis / kol ke dalam lubang tsb lalu tutup dengan tanah.

6. Siram dengan air secukupnya dan jaga tanah tetap lembap sampai tunas kubis/kol muncul.

7. Rawatlah tanaman kubis / kol Anda, dengan cara membuang daun yang rusak, menghilangkan ulat dan memberi pupuk. Berilah pupuk nitrogen saat tanaman sudah tumbuh agak besar.

8. Pastikan tanah tetap lembap agar dihasikan kepala kubis yang besar dan bulat.

9. Anda dapat memanen kubis / kol saat Anda sudah dapat melihat kepala kubis / kol. Pastikan Anda memotong kepala kubis / kol sebelum kepala tsb terbuka, hal ini dilakukan untuk mencegah serangan hama penyakit pada tanaman lainnya.

Bagaimana cara menanam kubis / kol di atas cukup mudah bukan? enaknya kita menanam di pekarangan rumah, kita dapat memanen kapan saja saat kita perlukan.

referensi: gardeningknowhow.com

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Menanam Kubis / Kol Di Pekarangan Rumah"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia