Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Bagaimana Cara Memilih Tanaman Yang Sehat?

Bila Anda berencana untuk membuat taman atau kebun maka salah satu cara mendapatkan tanaman tsb adalah dengan membelinya di toko tanaman atau di tempat-tempat penjualan tanaman di pinggir jalan. Harga tanaman yang dijual di pinggiran jalan biasanya jauh lebih murah dibandingkan di toko-toko tanaman ternama. Untuk memastikan tanaman Anda dapat tumbuh subur dan indah di taman atau kebun Anda maka Anda harus memilih tanaman yang sehat. Anda tak mau kan tanaman yang Anda beli dengan harga yang cukup mahal hanya hidup sebentar di taman atau kebun Anda? Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa tanaman yang kita beli itu sehat? yuk simak tipsnya berikut ini.

cara membeli tanaman yang benar, tanda-tanda tanaman sehat

Cara Membeli Tanaman Yang Sehat


1. Perhatikan Daun Tanaman

Tanaman yang sehat ditandai dengan munculnya daun-daunan yang baru dan warna yang cerah. Daun yang berwarna pucat merupakan tanda terjadinya penyakit. Pilihlah tanaman yang memiliki pucuk-pucuk daun baru. Bila daun tanaman tsb berwarna hijau, pilihlah tanaman yang berdaun hijau terang. Periksa juga apakah ada bekas-bekas pemotongan daun bila iya bisa jadi tanaman tsb memang sengaja dipangkas untuk menghilangkan daun yang terkena penyakit. Jangan pilih tanama yang berwarna kuning atau kecoklatan dan tanaman dengan daun kering pada ujung-ujung daunnya atau keseluruhan daunnya. Pilihlah tanaman yang segar dan tidak layu.

2. Perhatikan Tanda Penyakit Dan Hama Pada Tanaman

Periksa apakah tanaman yang akan Anda beli tsb memiliki tanda-tanda terserang hama penyakit yaitu dengan cara melihat bagian belakang daun dan sambungan batang tanaman dengan daun. Biasanya hama senang tinggal di bagian tsb seperti apid, laba-laba, kutu dan serangga lainnya.

3. Perhatikan Bagian Akar Tanaman

Tanaman yang sehat akan memiliki akar yang sehat. Periksalah apakah ada bagian akar yang busuk dsb. Namun untuk melihat kesehatan akar akan sulit bila tanaman tsb sudah ditanam dalam pot. Anda hanya dapat melihat pertumbuhan akarnya saja pada tanaman yang dijual dalam pot yaitu dengan cara melihat akar dari lubang pot, yaitu banyaknya akar yang keluar dari lubang drainase pot. Tanda pertumbuhan akar seperti ini bukan menandakan tanaman Anda tidak sehat namun Anda perlu segera mengganti pot tanaman tsb ke ukuran yang lebih besar.

Itulah 3 cara memilih tanaman sehat agar Anda dapat membeli tanaman yang benar sehingga tanaman Anda akan dapat mempercantik taman atau kebun Anda dan berumur panjang, tentunya dengan tetap melakukan perawatan pada taman atau kebun Anda.

Referensi: gardeningknowhow.com; photo credit: flickr.com


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Memilih Tanaman Yang Sehat?"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia