Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Membuat Kompos Cacing Di Dapur Rumah Anda

Salah satu cara mengurangi sampah organik atau sampah dapur rumah tangga adalah dengan membuat pupuk kompos. Ada berbagai macam cara membuat pupuk kompos dengan menggunakan sampah dapur, ada yang menggunakan bantuan mikroba dan adapula yang menggunakan bantuan cacing. Cacing tanah binatang yang menjijikan ini ternyata sangat berguna dalam pembuatan pupuk kompos dan dalam penyuburan tanah.

cara membuat pupuk kompos cacing di rumah, cara membuat vermikompos di rumah, cara membuat casting menggunakan sampah dapur
Pupuk kompos cacing atau dikenal juga dengan vermikompos adalah pupuk yang terbuat dari kotoran cacing tanah. Pembuatan pupuk kompos cacing ini sangat ramah lingkungan dan sangat mudah, dapat dibuat di setiap rumah untuk menyuburkan tanaman di pekarangan rumah Anda. Kenapa mudah? karena cacing tanah merupakan hewan yang sangat mudah perawatannya, cacing tanah hanya memerlukan makanan dari sampah dapur, tempat tinggal yang lembap dan hangat.

Anda dapat membuat pabrik cacing tanah di dapur rumah Anda, terdengar menjijikan? hehehe tenang saja semua akan dibuat dengan bersih dan rapi. Anda dapat menempatkan wadah pembuatan kompos cacing di bawah bak cuci piring sehingga bila ada sampah sisa makanan atau sayuran dapat langsung dimasukkan ke dalam wadah pembuatan kompos tadi.

Cara Membuat Pupuk Kompos Cacing Di Rumah


  1. Siapkan kotak kayu atau kotak plastik sebagai kandang cacing atau wadah pembuatan kompos cacing. Bila wadah tersebut menggunakan tutup, pastikan ada lubang udara di tutupnya.
  2. Buat lapisan untuk tempat tinggal cacing. Cacing sangat menyukai tempat yang lembap dan basah. Anda dapat menggunakan cacahan daun, kertas koran atau pupuk kompos yang sudah jadi.
  3. Masukkan cacing tanah. Cacing tanah dapat Anda peroleh di pekarangan rumah Anda atau dapat membeli di toko tanaman atau toko ikan. Baca Juga: Cacing Yang Baik Untuk Proses Pembuatan Vermikompos.
  4. Berilah makan cacing dengan sisa makanan atau sampah dapur rumah tangga. Pastikan Anda hanya memasukkan bahan makanan yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan. Jangan pernah Anda masukan bahan yang berbahan daging atau susu dan olahannya. Potong kecil-kecil semua sampah rumah tangga agar cacing dapat dengan mudah memakan semua sampah tsb. 
  5. Untuk mencegah bau sampah, Anda dapat mencoba memberi makan cacing sedikit demi sedikit. Kuburlah sampah dapur di wadah pembuatan kompos lalu periksa keesokan harinya bila sampah tsb hilang esok harinya atau habis dimakan cacing maka tambahlah porsinya. Jangan terlalu banyak memasukan sampah dapur ke dalam wadah pembuatan kompos karena akan terlihat berantakan dan berbau.
  6. Setelah beberapa minggu, Anda akan melihat semua sampah telah terurai dengan jumlah yang cukup maka inilah saat yang tepat untuk memanen pupuk kompos cacing.
  7. Ulangilah dari tahap 1 untuk membuat pupuk kompos cacing berikutnya. Jangan lupa ambil sebagian pupuk kompos cacing sebagai bibit pembuatan pupuk kompos cacing berikutnya.
Perlu Anda perhatikan, untuk membuat pupuk kompos cacing di dapur rumah Anda ini memerlukan percobaan, Anda perlu mengetahui seberapa banyak cacing yang harus ditambahkan dan seberapa banyak sampah dapur yang harus dimasukkan sebagai makanan cacing. "Bisa karena terbiasa" :-)

Selamat mencoba ...



Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Membuat Kompos Cacing Di Dapur Rumah Anda"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia