Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cacing Yang Baik Digunakan Dalam Pembuatan Vermikompos

Proses pembuatan vermikompos atau pupuk kompos cacing merupakan cara yang tepat dan cepat dalam mengubah sampah dapur menjadi pupuk yang kaya hara dengan bantuan cacing tanah. Cacing tanah yang digunakan dalam proses pembuatan vermikompos mampu memecah dan menguraikan bahan organik seperti sampah dapur dengan cara dimakan lalu dikeluarkan dalam bentuk kotoran / casting yang sangat baik digunakan sebagai pupuk.

Vermikompos sangat kaya hara dan nutrisi yang sangat diperlukan untuk tanaman seperti mengandung nitrogen, phosfor, dan kalium yang lebih banyak dibandingkan kompos tradisional lainnya. Vermikompos juga mengandung mikroba yang sangat baik dalam pertumbuhan tanaman.

Apakah Semua Cacing Tanah Dapat Digunakan Dalam Pembuatan Vermikompos?

cara mendapatkan cacing untuk membuat vermikompos


Tidak semua cacing tanah dapat digunakan untuk proses pembuatan vermikompos yang efisien dan efektif. Jenis cacing yang terbaik untuk proses pembuatan vermikompos adalah Eisenia Fetida yaitu cacing kecil berwarna merah yang terus bergerak lincah dan Lumbricus rubellus yaitu cacing merah. Kedua tipe cacing ini adalah cacing tanah yang sangat baik untuk membuat vermikompos karena cara perawatan kedua tipe cacing ini sangat mudah dan tidak rewel.

Bagaimana Cara Memperoleh Cacing Tanah Untuk Pembuatan Vermikompos?

Anda tidak akan dapat menemukan cacing Eisenia Fetida di tanah kebun tapi Anda dapat menemukan cacing merah lumbricus di dekat kompos, di bawah batang kayu yang busuk dan material organik busuk lainnya. Masalahnya Anda tidak akan mampu membedakan cacing merah Lumbricus rubellus dengan cacing tanah lainnya sehingga cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan membelinya. 
Bila Anda sudah memiliki bibit cacing maka bibit cacing tsb dapat digunakan untuk pembuatan vermikompos berikutnya tanpa harus membelinya lagi.

Itulah jenis cacing yang baik digunakan dalam pembuatan vermikompos dan cara mendapatkan cacing tanah tsb.

Referensi: gardeningknowhow.com


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cacing Yang Baik Digunakan Dalam Pembuatan Vermikompos"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia