Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Apa Itu Taman Vertikal Dan Keuntungannya?

Bila Anda ingin memiliki sebuah taman namun luas pekarangan Anda terbatas mungkin Anda dapat mengakalinya dengan membuat taman vertikal. Apa itu taman vertikal dan keuntungannya akan saya jelaskan agar Anda dapat mendapatkan inspirasi untuk membuat taman, memberikan kesegaran dan keindahan di rumah Anda.

Apa Itu Taman Vertikal?

Taman vertikal juga dikenal sebagai dinding hidup atau dinding hijau dapat berupa taman yang berdiri sendiri atau menempel di struktur bangunan rumah Anda. Berbagai macam tanaman dapat dibuat menjadi taman vertikal seperti sayuran, tanaman buah dan tanaman lain baik ditanam di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Taman vertikal juga dapat berupa kebun hidroponik otomatis yaitu teknik berkebun tanpa menggunakan tanah namun menggunakan air.


apa itu taman vertikal
Ilustasi: Taman Vertikal


Keuntungan Taman Vertikal

Beberapa keuntungan dapat diperoleh bila Anda menggunakan taman vertikal di rumah Anda, diantaranya adalah:

1. Dengan menanam tanaman secara vertikal akan membuat Anda memaksimalkan ruang dalam rumah karena tumbuh ke atas bukan ke samping. Dengan menanam tanaman secara vertikal juga dapat membuat Anda menanam tanaman lebih dari sekali.

2. Anda dapat menyesuaikan tinggi taman vertikal Anda sehingga memudahkan Anda dalam penyiraman, pembabatan dan pemanenan.

3. Dengan posisinya yang tinggi dari permukaan tanah memungkinkan peningkatan aliran udara yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman yang sehat tanpa harus khawatir serangan hama atau penyakit.


Bila Anda berencana untuk membuat taman vertikal di rumah Anda maka sebaiknya Anda perhatikan jenis tanaman, desain taman dan sistem penanamannya agar Anda dapat mendapatkan keuntungan taman vertikal secara maksimal. Bila Anda sangat sibuk dan tak sempat untuk menyiram tanaman Anda secara rutin maka taman vertikal dengan sistem penyiraman otomatis patut menjadi pilihan atau Anda dapat menggunakan sistem hidroponik.

Baca juga: Ide Kreatif Membuat Dinding Tanaman Hidup Di Dalam Rumah

Reference: powerhousehydroponic.com, photo credit: wikipedia.org


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Apa Itu Taman Vertikal Dan Keuntungannya?"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia