Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

8 Media Tanam Hidroponik Yang Murah Dan Mudah

Media tanam pada sistem berkebun atau penanaman hidroponik sangat diperlukan untuk menyokong akar dan membantu tegaknya tanaman. Selain itu media tanam yang digunakan harus mampu membantu pengaliran nutrisi melalui akar tanaman. Sebagai seorang pemula kadang kita bingung harus menggunakan media tanam apa untuk membuat sistem hidroponik. Berikut ini adalah beberapa bahan yang ada di sekitar kita dengan harga murah dan dapat Anda gunakan sebagai media tanam hidroponik.

media tanam hidroponik alami, media tanam hidroponik organik


Media Tanam Hidroponik Yang Murah Dan Mudah Diperoleh

1. Pasir
Pasir sangat mudah diperoleh di sekitar kita, harganya pun sangat murah. Sebelum digunakan sebagai media tanam, pastikan untuk membersihkan dulu pasir agar terhindar dari bibit penyakit. Pasir bersifat sedikit sekali menahan air dan tidak akan menahan larutan nutrisi pula.

2. Sekam
Sekam tak hanya banyak digunakan sebagai media tanam dalam sistem konvensional namun baik pula digunakan dalam sitem hidroponik.

3. Batu Apung
Sifat batu apung hampir mirip dengan perlite yang biasa dijual sebagai media tanam hidroponik. Batu apung merupakan pilihan yang baik untuk membantu aerasi / sirkulasi udara pada akar.

4. Styrofoam
Styrofoam dapat Anda temukan di bekas pembungkus barang elektronik dan lainnya. Namun Anda harus hati-hati karena adanya kandungan styrene pada styrofoam yang dapat mengkontaminasi tanaman Anda dan kurang baik untuk kesehatan manusia bila zat tsb terserap pada tanaman.

5. Batu Kerikil
Batu kerikil sangat baik dalam drainase karena bahan ini tidak menahan air.

6. Pecahan Genteng
Pecahan genteng atau batu bata yang berasal dari tanah pun dapat membantu sistem drainase yang baik. Sebaiknya bersihkan dulu pecahan tsb sebelum digunakan karena kandungan pH nya.

7. Serutan Kayu
Kayu merupakan bahan organik dan alami sehingga sangat baik digunakan sebagai media tanam hidroponik. Karena bahan organik maka Anda perlu untuk mencucinya sebelum digunakan dan perlu mengganti media tanam tsb bila kayu telah lapuk.

8. Jerami
Seperti halnya serutan kayu, jerami pun merupakan bahan organik sehingga perlu dibersihkan dulu sebelum digunakan dan diganti setiap kali terjadi kelapukan / pembusukan.

Referensi: powerhousehydroponics.com; photo credit: pixabay.com

Share this article :
+
0 Komentar untuk "8 Media Tanam Hidroponik Yang Murah Dan Mudah"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia