Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Panduan Berkebun Di Apartemen


Terbatasnya lahan untuk perumahan menyebabkan pembangunan apartemen semakin menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Tinggal di apartemen menjadi pilihan karena factor strategisnya lokasi tempat tinggal atau apartemen tsb. Walaupun lahan yang terbatas, tinggal di apartemen bukan berarti hidup tanpa tanaman. Anda dapat memanfaatkan ruang yang terbatas di apartemen untuk menanam tanaman, tidak hanya untuk keindahan ataupun dikonsumsi namun membantu menyegarkan udara di sekitar tempat tinggal Anda.




Panduan Berkebun di Apartemen : Outdoor

Tempat yang ideal untuk berkebun di pekarangan luar apartemen adalah balkon dan teras. Berikut ini adalah beberapa panduan untuk berkebun di balkon dan teras apartemen:

1. Gunakan pot atau wadah yang dapat menyiram secara otomatis yaitu yang memiliki tempat penampungan air sehingga dapat menjaga tanah tetap lembap tanpa perhatian khusus yang terus-menerus. Wadah atau pot biasa tanpa penyiraman otomatis akan mudah kering pada hari-hari yang panas sehingga memerlukan penyiraman lebih dari sekali dalam sehari. Tentu hal ini sangat merepotkan apalagi buat Anda yang sangat sibuk, pergi pagi pulang malam. Dengan wadah yang dapat menyiram sendri, Anda tidak perlu menambah kesibukan untuk membuat jadwal penyiraman tanaman setiap harinya. Atau Anda dapat mencoba teknik penyiraman otomatis menggunakan alat sederhana.

2. Sebelum Anda membeli tanaman dan menanam tanaman, perhatikan dulu seberapa banyak sinar matahari yang masuk ke balkon atau teras. Bila balkon atau teras terkena cahaya matahari langsung secara terus menerus maka pilihlah tanaman yang tahan panas.

3. Perhatikan juga apakah Anda lebih banyak menikmati balkon atau teras pada siang hari atau malam hari. Tanaman dengan bunga yang berwarna putih dan pastel akan bagus sekali dinikmati di malam hari sementara bunga yang berwarna biru dan ungu memerlukan sinar matahari untuk menunjukan keindahan warnanya. Jika Anda lebih sering menikmati balkon di sore hari maka Anda dapat mencoba menanam tanaman yang menghasilkan bau wangi di malam hari seperti nikotiana dan moonflower. Tanaman seperti kamboja Jepang atau Adenium juga sangat cantik ditanam menggunakan pot, selain warna bunganya yang menarik, pohon ini tahan panas juga tak memerlukan perawatan khusus.

4. Untuk tempat yang sempit, pilihlah tanaman yang tidak akan membesar. Semak-semak dan tanaman merambat lainnya dapat menyejukan teras namun memerlukan tempat yang luas. Pilihlah tanaman yang berbentuk kolumnar dan pyramidal untuk tempat yang sempit.

5. Jika Anda sibuk, Anda dapat menanam tanaman yang dapat tumbuh sehat tanpa perhatian khusus kecuali bila Anda tertantang untuk menanam tanaman yang Anda sukai.

6. Pilihlah tanaman yang sehat, cocok di tanam di pekarangan apartemen dan menarik untuk Anda.

Panduan Berkebun Di Apartemen: Indoor

Menanam tanaman di dalam ruangan di apartemen hampir sama dengan menanam tanaman di dalam ruangan di rumah. Berikut adalah beberapa panduan berkebun di dalam apartemen:

1. Pilihlah tanaman yang dapat hidup baik di beberapa lokasi berbeda. Anda dapat menaruh tanaman yang berbunga yang memerlukan banyak sinar matahari di jendela. Tanaman yang memiliki daun berwarna terang dan beraneka warna akan memberikan warna yang menarik bila ditaruh di tempat yang terang tapi tanpa terkena cahaya matahari langsung. Tanaman Lili mampu hidup di pojok-pojok ruangan apartemen.

2. Pot-pot tanaman yang ditaruh berkelompok akan sangat menarik. Kumpulan tanaman tsb akan meningkatkan kelembapan udara di sekitar ruangan dan membuat tanaman tsb lebih sehat. Anda dapat menaruh tanaman di keranjang gantung atau di atas meja.

3. Anda sebaiknya menanam tanaman yang kecil.

4. Anda dapat menanam tanaman dengan pertumbuhan lambat seperti palem sehingga Anda dapat menikmati tanaman tsb selama beberapa tahun. Perlu diingat bahwa tanaman palem tidak dapat dipangkas atau dipotong batangnya agar tidak terlalu tinggi.

5. Bila Anda ingin menanam tanaman buah dan tanaman berbunga, pikirkan untuk meletakan mereka di tempat yang terkena cahaya matahari setiap hari.

6. Tanaman yang ditanam di dalam ruaangan mampu menciptakan lingkungan yang membuat penghuninya lebih rileks dan membantu membersikan udara di ruangan tsb. Tanaman seperti lili dan English ivy merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh dan tanaman tsb mampu menyaring udara yang terkontaminasi ammonia, formaldehid dan benzin. Tanaman lain yang mampu memperbaiki kualitas udara adalah pohon kurma, tanaman karet dan buah ara.

Itulah panduan berkebun di apartemen, indah pemandangannya, sehat penghuninya :-). Selamat berkebun ....

Referensi & photo credit: gardeningknowhow.com

Share this article :
+
2 Komentar untuk "Panduan Berkebun Di Apartemen"

Saya baru akan mulai untuk membuat herbal tanaman indoor di apartment. Saya ingin menanyakan, apakah mungkin tanaman indoor saya nantinya tidak ada cacingnya? Karena saya sangat tidak menginginkan itu dalam tanaman dan dalam apartment saya. Mohon bimbingannya. Terimakasih.

Untuk menghindari munculnya caring anda dapat menggunakan media tanam selain tanah. Sebenarnya cacing tanah cukup membantu dalam menyuburkan tanah, namun untuk tumbuhan indoor dengan kondisi ruang yang bersih, sya pkir kecil kemungkinan munculnya caring pada media tanam tersebut.

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia