Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kapan Waktu Yang Tepat Menggunakan Pestisida


Pestisida biasanya digunakan untuk membunuh serangga atau hama yang menyerang tanaman kita. Ada beberapa aturan main yang harus diperhatikan agar penggunaan pestisida tsb dapat efektif dan tepat sasaran, jangan sampai pestisida yang disemprotkan justru malah jatuh ke tanah dan meracuni bagian ekosistem yang lainnya.


Anda harus mengetahui cara penggunaan dari pestisida terutama pestisida kimia karena sifatnya pestisida adalah untuk membunuh serangga. Anda harus mengikuti cara pembuatan yang benar, aturan pakai, kecepatan penyemprotan dan waktu yang tepat.

1. Pestisida harus digunakan pada saat tahap pertumbuhan serangga yang tepat

Seperti yang mungkin Anda ketahui bahwa serangga hidup dalam berbagai tahap pertumbuhan yang lebih kita kenal dengan nama metamorphosis. Serangga akan lebih cocok dibunuh saat dalam bentuk larva. Bila Anda menggunakan pestisida kimia pabrikan, Anda harus membaca aturan penggunaan yang diberikan oleh pembuat pestisida tsb.

2. Kaitan antara cuaca dan pestisida

Sangat penting sekali untuk tidak menggunakan pestisida sebelum hujan agar semprotan pestisida tidak terbawa ke dalam aliran air sehingga dapat meracuni hewan lain dan ikan. Pestisida akan masuk melalui pori-pori tanah dan mengkontaminasi tempat hidup untuk makhluk hidup lainnya.

Waktu yang paling baik untuk menggunakan pestisida adalah saat tanah dalam keadaan kering. Tidak terlalu panas, akan lebih baik saat cuaca berawan tapi diperkirakan tidak akan terjadi hujan. Jangan pula gunakan pestisida saat cuaca sedang berangin utnuk menghindari jatuhnya semprotan pestisida ke bukan target tanaman. Misalnya target kita menghilangkan hama di tanaman cabe tetapi karena sedang berangin kencang pestisida tsb malah jatuh ke tanaman lain.

3. Gunakan Pestisida Sebagai Pilihan Terakhir

Pestisida sangat berbahaya dan residu / sisa pestisida yang tertelan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu gunakanlah pestisida secara bijak dan sebagai pilihan terakhir. Untuk tanaman hias dan tanaman lain di pekarangan rumah, Anda dapat menghilangkan serangga tersebut dengan membuangnya secara manual kecuali bila serangga tsb sudah memakan lebih dari ½ bagian daun dari tanaman tsb. Anda pun dapat menggunakan larutan sabun cuci piring untuk disemprotkan yang relatif lebih aman dibandingkan pestisida kimia, banyak serangga juga dapat terbunuh dengan penyemprotan menggunakan larutan sabun cuci piring tsb. Anda juga dapat mencoba pestisida alami lainnya.

Itulah kapan waktu yang tepat menggunakan pestisida, semoga tulisan di atas dapat bermanfaat dan membuat Anda semakin bijak.
Selamat berkebun ...

referensi: gardeningknowhow.com

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kapan Waktu Yang Tepat Menggunakan Pestisida"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia