Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Cara Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air

Menanam tanaman menggunakan media tanam air, baik tanaman hias, sayuran maupun tanaman herbal merupakan pilihan yang sangat baik terutama bila berkebun bersama anak-anak, tempat untuk menanam di pekarangan yang terbatas, untuk orang yang tidak suka media tanah karena kotor dan untuk orang yang sedang tertantang menanam menggunakan media tanam air. Cara menanam tanaman menggunakan media tanam air atau lebih dikenal dengan nama hidroponik menjadi pilihan masyarakat terutama masyarakat perkotaan karena tidak hanya tidak memerlukan banyak perawatan juga tanaman tsb lebih tahan penyakit dan hama.

Banyaknya tanaman yang dapat hidup dengan mudah menggunakan media tanam air menjadi pilihan para orang tua untuk menanam tanaman hias didalam botol dengan menggunakan media tanam air kemudian meletakannya di sudut-sudut rumah sebagai hiasan misalnya di dekat jendela dapur dsb. Wadah yang digunakan pun dapat bermacam-macam tergantung selera, yang penting dapat menampung akar, berisi air dan mampu menyangga batang dan daun tanaman sehingga tanaman hias tsb dapat bisa hidup tegak dan tidak roboh. Sebaiknya hindari wadah yang terbuat dari besi untuk menghindari terjadinya karatan pada saat larutan nutrisi ditambahkan ke media tanam. Wadah yang berwarna gelap dan tidak tembus cahaya merupakan pilihan yang sangat baik untuk menghindari tumbuhnya lumut.

Pertumbuhan tanaman hias dalam air yang disimpan dalam ruangan memang lebih lambat di bandingkan dengan yang ditanam menggunakan media tanah namun tanaman hias dalam ruangan akan lebih rimbun dan tahan lama dalam waktu yang relatif lebih panjang.

Tanaman hias yang dapat ditanam menggunakan media air di antaranya Aglaonemas (Chinese evergreen), Dieffenbachia (dumbcane), English ivy, Philodendron, Rhoeo, Pothos, dsb. Anda dapat membeli bibit tanaman tsb di toko tanaman.


Cara Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air

  1. Pilih wadah untuk menanam tanaman hias.
  2. Isi wadah tsb dengan batu-batuan hias, pasir dsb sesuai selera. Batu tsb digunakan sebagai penahan akar agar tumbuhan dapat tegap berdiri.
  3. Tambahkan sedikit arang untuk menjaga air tetap jernih dan dapat menyerap bau.
  4. Campurkan air dan larutan nutrisi, lalu masukkan ke dalam wadah yang tadi.
  5. Pilih tanaman yang akan ditanam, potong tanaman pada batangnya atau ambil tanaman yang sudah memiliki akar.
  6. Cuci akar tanaman sampai bersih dan potong semua batang dan daun yang rusak atau telah mati.
  7. Tempatkan tanaman dalam wadah yang telah berisi larutan nutrisi tadi (no. 4).
  8. Ganti larutan nutrisi setiap 4-6 minggu sekali atau ganti larutan nutrisi setiap kali muncul lumut karena selain mengganggu kecantikan tanaman, lumut juga mengganggu pertumbuhan tanaman.


Itulah cara menanam tanaman hias secara hidroponik, cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan selamat berkebun ...

Sumber referensi dan foto: gardeningknowhow.com

Share this article :
+
3 Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air"

Silahkan mengunjungi forumnya orang yang suka berkebun. Tentang semua jenis tanaman, cara merawat, dan lainnya. Ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

Nutrisi yg di pakai itu apa?
Beli apa bisa buat sendiri ?

Nutrisi yg di pakai itu apa?
Beli apa bisa buat sendiri ?

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia