Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Apa Saja Bahan Untuk Membuat Pupuk Kompos?

Di artikel sebelumnya, saya pernah membahas Keuntungan, Prinsip Kerja Kompos dan Cara Pembuatan Kompos, maka di artikel ini saya akan membahas apa saja bahan untuk membuat kompos. Semua bahan organik dapat terurai namun tidak semua bahan organik dapat digunakan untuk membuat pupuk kompos.


Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Pupuk Kompos

Perlu diingat, tidak semua bahan organik aman digunakan untuk membuat kompos. Lalu apa saja bahan organik yang aman digunakan untuk membuat kompos?
  1. Potongan rumput
  2. Daun-daun pepohonan
  3. Sisa-sisa makanan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan seperti ampas kopi, ampas teh, kulit kentang, kulit pisang, batang kankung, kulit alpukat, dll
  4. Koran bekas warna cetakan hitam putih
  5. Kertas bekas
  6. Limbah kebun dan taman seperti rumput liar, bunga, buah, batang kayu dll yang tidak mengandung penyakit
  7. Dus bekas
  8. Kotoran hewan herbivora (pemakan sayuran) seperti kambing, sapi, kelinci, kuda dll
  9. Limbah gergaji kayu
Beberapa bahan organik lain masih dapat digunakan sebagai bahan pupuk kompos namun perlu pertimbangan khusus seperti:
  • Kotoran hewan omnivora (pemakan tanaman dan daging) atau bukan pemakan tanaman. Kotoran kucing, anjing, babi dan bahkan manusia dapat digunakan sebagai pupuk kompos namun kotoran dari pemakan bukan tanaman dapat membawa bibit penyakit. Kompos tsb harus diproses dalam keadaan sangat panas untuk membunuh mikoba yang berbahaya tsb. Namun bila Anda tidak mau menggunakan pemanasan dalam pembuatan kompos tsb sebaiknya jangan menggunakan kotoran hewan bukan pemakan tanaman sebagai bahan pupuk kompos.
  • Rumput / tanaman liar dapat digunakan sebagai bahan pupuk kompos namun rumput liar dapat dengan mudah tumbuh termasuk di dalam kompos Anda sehingga bila pupuk ini digunakan di tanaman Anda maka Anda harus melakukan kerja extra untuk membuang rumput atau tanaman liar tsb yang cepat tumbuh.
  • Sisa makanan yang mengandung bahan hewani (di luar daging, lemak, susu dan tulang) seperti cangkang telur, roti dan mie dapat digunakan sebagai bahan kompos namun dapat menyebabkan masalah gangguan hama lain yaitu menarik hewan pengerat seperti tikus. Bila Anda menggunakan bahan tsb sebaiknya gunakan wadah pembuat kompos yang terkunci. Anda dapat juga menggunakan cangkang telur dalam wadah pembuat kompos tidak terkunci asalkan cangkang telur tsb dicuci terlebih dahulu.
  • Kertas koran berwarna seperti majalah, katalog, brosur dsb mengandung lapisan lilin sehingga agak sulit terurai. Anda dapat mempercepat penguraian dengan mencacah kertas koran berwarna tsb, namun bila Anda tidak memiliki waktu untuk mencacah kertas koran tsb sebaiknya jangan gunakan kertas koran berwarna sebagai bahan pupuk kompos.

Bahan Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Membuat Pupuk Kompos

Berikut ini adalah bahan organik yang tidak boleh digunakan untuk membuat kompos:
  1. Limbah taman atau kebun yang mengandung penyakit. Jangan pernah menggunakan tanaman mati dan berpenyakit sebagai bahan pupuk kompos karena penyakit yang ada pada tanaman tsb akan tertinggal di kompos dan menyebar ke tanaman lain. Cara terbaik adalah membakar atau membuang limbah taman yang berpenyakit tadi.
  2. Daging, lemak (termasuk mentega dan minyak), susu dan tulang. Bahan ini tidak hanya membawa resiko penyakit tapi juga dapat menarik binatang penggangu yang tidak diinginkan. Walaupun tempat pembuatan kompos terkunci tapi binatang tsb dapat merusak tempat pembuatan kompos.
Itulah bahan yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk membuat pupuk kompos. Jangan lupa manfaatkan setiap sampah organik dari rumah kita untuk sesuatu yang lebih berguna seperti pupuk. Lebih hemat, lebih sehat :-).

Selamat berkebun ...

Reference: gardeningknowhow.com

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Apa Saja Bahan Untuk Membuat Pupuk Kompos?"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia