Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Hidroponik Pasang Surut

Teman-teman masih ingat dengan salah satu teknik hidroponik pasang surut atau sistem ebb & flow? yaitu salah satu teknik yang paling digemari oleh para gardener. Larutan nutrisi akan disedot dengan menggunakan pompa dan mengairi tray tumbuhan selama beberapa waktu lalu kemudian larutan nutrisi tsb dikembalikan ke tempat penampungan larutan sehingga terjadi pasang dan surut larutan nutrisi.



Hidroponik EBB and flow (flood and drain)

Agar tanaman yang kita tanam tsb tumbuh sehat dan cepat basar maka sangat penting sekali untuk menghidari kesalahan berikut ini yang akan berakibat fatal. Apa saja itu?

Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Sistem Hidroponik Pasang Surut

  1. Larutan nutrisi tidak mencapai level untuk pertumbuhan tanaman. Larutan nutrisi yang tidak merata akan pertumbuhan yang tidak merata pula. Pastikan semua akar tanaman tercelup dalam larutan nutrisi. Tanaman yang terlalu banyak mendapatkan larutan nutrisi menyebabkan akar mudah jenuh dan kekurangan oksigen dan sebagian yang lain yang tidak terendam akan kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi. 
  2. Salah menggunakan media tanam. Karena pada sistem hidroponik pasang surut tanaman harus terendam larutan nutrisi maka hindari penggunaan media tanam yang terlalu ringan karena akan menyebabkan wadah tanaman akan mengapung dan tanaman roboh. Anda dapat menggunakan media tanam seperti rockwool atau sabut kelapa.
  3. Membiarkan larutan nutrisi merendam tanaman terlalu lama. Oksigen merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan makhluk hidup termasuk tanaman. Bila akar terlalu lama terendam oleh larutan nutrisi maka akan menyebabkan kekurangan oksigen pada akar. Penting sekali memastikan bahwa larutan nutrisi hanya merendam akar maksimal 30 menit sehingga kebutuhan udara dapat tercukupi.
  4. Salah mengatur waktu pasang surut. Lamanya pasang dan surut tidak dapat terus-terusan sepanjang waktu karena sangat dipengaruhi oleh cuaca. Terlalu lama pasang akan menyebabkan terjadi kejenuhan pada akar sementara terlalu lama surut akan menyebabkan kekurangan cairan dan nutrisi.
Itulah 4 kesalahan yang sering terjadi pada hidroponik pasang surut. Sukses terus berkebunnya ya .. :-)



Share this article :
+
1 Komentar untuk "Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Hidroponik Pasang Surut"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia