Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kandungan dan Khasiat Cabe

Cabe atau cabai merupakan salah satu jenis sayuran buah yang berasa khas dengan pedasnya. 

Biasanya kita menggunakan cabe ini untuk bumbu masakan dan membuat sambal. Tapi ternyata di balik pedasnya cabe tersimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Beberapa ahli menganjurkan untuk mulai memasukkan cabe ke dalam menu sehari-hari dengan takaran yang wajar.

Kandungan dan Khasiat Cabe

1. Cabe Mengandung Capsaicin

Kandungan capcaisin dari cabe yang berasa pedas ternyata dapat menyembuhkan sariawan, ga percaya? coba saja :-), ekstrak buah cabai rawit mempunyai daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Candida Albicans, yaitu jamur pada permukaan kulit penyebab sariawan, bahkan hasil penelitian menunjukan bahwa capsaicin tersebut dapat membunuh sel kanker.

Beberapa peneliti menganjurkan konsumsi makanan pedas secara teratur untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh asal tidak berlebihan. 
Selain itu capsaicin cabe juga dapat mengencerkan lendir yang tersumbat pada rongga hidung, mengencerkan batu berdahak dan meredakan pilek.
Cabe dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan dapat menghambat penyumbatan pembuluh darah sehingga resiko terjadinya penyakit jantung coroner dan stroke menurun. Capsaicin dapat mengencerkan darah sehingga kerak lemak pada pembuluh darah tidak terbentuk.
Cabe juga dapat digunakan untuk meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi. Rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan memperlambat pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Dengan demikian rasa sakit tersebut akan berkurang dan menghilang.
Cabe dapat meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Kalau yang ini teman-teman pasti sudah tahu kan ya? Hehehe. Capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan sehingga nafsu makan menjadi bertambah.

2. Kandungan Vitamin
Cabe mengandung vitamin C yang lebih banyak dibandingkan jeruk dan mengandung provitamin A yang lebih banyak dibandingkan wortel. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan.
Itulah 2 kandungan utama cabe yang banyak khasiatnya untuk kesehatan. Yuk ah kita tanam cabe di pekarangan sendiri ...

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kandungan dan Khasiat Cabe"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia