Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kandungan Nutrisi, Khasiat dan Cara Mengolah Buah Alpukat

Buah alpukat selain enak dimakan sebagai jus juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Karena kaya akan nutrisi, buah ini sering disebut juga sebagai buah "superfood".




Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Alpukat


Berikut ini kandungan nutrisi buah alpukat dalam 100 gram:


  • Kalori 85,00 kal
  • Protein 0,90 g
  • Lemak 6,50 g
  • Karbohidrat 7,70 g
  • Kalsium (Ca) 10,00 mg
  • Fosfor (P) 20,00 mg

  • Zat Besi (Fe) 0,90 mg
  • Vitamin A 180,00 S.I.
  • Vitamin B1 0,05 mg
  • Vitamin C 13,00 mg
  • Air 84,30 mg
  • Serat 1,40 g
Khasiat Buah Alpukat:

1. Menurunkan kolesterol
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL (sering disebut juga lemak yang baik). Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol dari tubuh. 

2. Menangkal Radikal Bebas
Para peneliti mengatakan bahwa kandungan minyak alpukat dapat menembus ke dalam mitokondria, bagian penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan yang tinggi dalam buah alpukat dapat menangkal serangan radikal bebas. 

3. Menjaga Tekanan Darah
Buah alpukat mengandung potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama untuk pencegahan agar tidak terkena serangan darah tinggi sebagai pemicu timbulnya penyakit stroke (penyakit yang membuat tubuh tidak dapat bergerak separuhnya). 

4. Kejantanan Pria
Dalam bahasa Aztec, alpukat berarti testis. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa alpukat memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan kejantanan pria. Salah satu alasan mengapa buah ini dapat meningkatkan kejantanan pria adalah karena itu mengandung banyak nutrisi sehat. 
Ahli gizi percaya bahwa kehadiran beta-karoten, magnesium, vitamin E, dan kalium dalam alpukat dapat membantu meningkatkan hasrat seksual pria dan memerangi impotensi. 

5. Mengontrol gula darah
Kandungan lemak tak jenuh dalam buah alpukat mampu mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah

6. Kesehatan Mata
Tinggalkan krim mahal dan beralih ke alpukat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Masker alpukat adalah ramuan paling mujarab untuk mengurangi kantung mata. Cukup oleskan masker alpukat di sekitar mata dan diamkan selama 20 menit.

7. Kesehatan jantung
Kandungan lemak pada alpukat sering dianggap dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan. Padahal, lemak ini justru sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat merupakan asam lemak utama dalam alpukat. 

8. Mencegah kanker
Berdasarkan sebuah studi, ekstrak alpukat dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang dapat memicu kanker mulut. Tapi ekstrak ini juga diyakini mempunyai efek yang sama terjadap jenis kanker yang lainnya. Khasiat buah alpukat yang satu ini menurut beberapa peneliti dihasilkan oleh kandungan folat, vitamin C dan E serta Antioksidan.

9. Anti-inflamasi atau Anti Radang
Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan asam lemak omega-3 membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

Cara Mengolah Buah Alpukat
Mungkin Anda terbiasa memanfaatkan alpukat dalam bentuk jus? Alpukat ternyata enak pula dimakan langsung loh atau dibuat smoothie.
Kali ini saya akan membagikan cara mengolah buah alpukat menjadi masker untuk kesehatan dan kecantikan.

Masker Rambut
Alpukat dapat digunakan untuk melembabkan rambut Anda sehingga terlihat indah bercahaya. Caranya mudah saja, daging buah alpukat dihaluskan lalu oleskan pada kulit kepala Anda, pijat-pijat kepala Anda lalu diamkan sejenak sekitar 15 menitan. Bilas hingga bersih dan cuci rambut Anda menggunakan shampo.

Masker Wajah & Body Butter
Selain dapat digunakan sebagai masker rambut, Anda dapat memanfaatkan buah alpukat untuk masker wajah dan menghaluskan kulit.
Caranya dengan menghaluskan satu buah alpukat dan tambahkan 1 putih telur, 2 sdm oatmeal, serta 1 sdt air jeruk nipis. Sapukan masker ke seluruh bagian wajah dan kulit atau seluruh tubuh saja dan biarkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Nah banyak kan kegunaannya buah alpukat? mau mencoba menanam sendiri? silahkan baca panduannya disini.

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kandungan Nutrisi, Khasiat dan Cara Mengolah Buah Alpukat"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia