Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Jeruk Nagami, Jeruk Mungil Yang Dapat Dimakan Dengan Kulitnya

Nagami merupakan satu varian buah "kumquat" selain marumi. Pohon kumquat termasuk dalam keluarga tanaman berbunga, tumbuh setinggi 2,5-4,5 meter dengan batang bercabang dan berduri. Daunnya hijau mengkilap, berbunga putih mirip bunga jeruk. Setiap pohonnya dapat menghasilkan ribuan buah setiap tahun. Tanaman yang berasal dari Asia ini sangat populer di China sejak abad ke-12. Selain itu, juga sudah lama dibudidayakan di Jepang, Taiwan, Filipina, dan Asia Tenggara. 

Karena aroma dan rasanya menyerupai jeruk, kemudian kumquat varietas nagami ini lebih dikenal dengan nama jeruk nagami. Bentuk buah yang kecil lonjong dengan kulit buah yang tidak pahit seperti varian jeruk lainnya menyebabkan jeruk ini dapat langsung disantap dengan kulitnya. Rasanya asam, manis, wangi dan segar.


Jeruk Nagami


Cara Menanam Jeruk Nagami

Bibit jeruk nagami yang dijual di pasaran biasanya merupakan hasil okulasi (menggunakan pohon jeruk nipis) dan ditanam dalam polybag siap tanam. Tanaman ini dapat ditanam di tanah langsung atau menggunakan pot. Saya sendiri menanamnya dalam pot dan tingginya tidak mencapai 1 meter untuk tanaman berumur 6 tahunan dan buahnya selalu lebat.
Keunggulan menggunakan pot ini yaitu mudah perawatan dan karena bentuk pohonnya yang mungil sehingga dapat difungsikan juga sebagai tanaman hias apalagi saat berbuah, cantiknya ...
Cara perawatannya pun sangat mudah, yaitu menggunakan teknik berkebun sederhana seperti pemangkasan pohon selain agar bentuk tanaman rapi juga dapat merangsang tumbuhnya buah, pencabutan tumbuhan pengganggu, penghilangan hewan pengganggu, penggemburan tanah, penyiraman dan pemupukan. Hama penyerang biasanya ulat jeruk.
Tanaman ini cocok ditanam di daerah berhawa panas seperti Depok dan Jakarta.

Kandungan Nutrisi dan Khasiat Jeruk Nagami

Jeruk nagami memiliki banyak manfaat karena kandungannya sbb:

1. Daunnya mengandung banyak minyak atsiri 
2. Buahnya mengandung gula, asam organik, kaya serat dan vitamin seperti vitamin A, B, C juga mineral seperti kalsium dan zat besi. 

Buah jeruk nagami berguna untuk mengobati bronkitis, batuk pilek, radang tenggorokan, demam, diare, gangguan limpa dan lainnya. Buah ini juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang berdiet. Delapan buah jeruk nagamai setara dengan 100 kalori.

Cara Penyimpanan Jeruk Nagami


Buah jeruk nagami dapat disimpan pada suhu kamar selama 2-3 hari. Jika Anda tidak ingin memakannya dalam waktu dekat, simpanlah dalam lemari es dan simpan dalam wadah tertutup rapat agar dapat bertahan selama dua minggu.


Cara Pengolahan / Cara Memakan Jeruk Nagami

Jeruk nagami dapat digunakan sebagai campuran salad maupun dimakan langsung.
Saya pribadi lebih menyukai memakannya secara langsung karena rasanya yang unik.

Selamat mencoba ...


Share this article :
+
1 Komentar untuk "Jeruk Nagami, Jeruk Mungil Yang Dapat Dimakan Dengan Kulitnya"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia