Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Teknik Penyiraman Otomatis Menggunakan Alat Sederhana Selama Anda Liburan

Pernahkah Anda mengalami tanaman kesayangan Anda mati saat Anda harus pergi dan tidak ada yang menyiram tanaman Anda?
Pada saat liburan atau mudik sehingga seluruh anggota keluarga tidak ada yang tinggal di rumah menyebabkan tanaman Anda tidak terawat. Untuk tanaman yang diletakkan di pekarangan ditanam langsung di atas tanah mungkin tidak terlalu masalah karena masih bisa mengharapkan turun hujan. Lalu bagaimana untuk tanaman dalam pot yang ada di dalam rumah atau tidak terkena hujan sama sekali? Atau mungkin Anda malas menyiram tanaman Anda setiap hari? hehehe

Ada beberapa cara untuk tetap menjaga tanaman Anda tetap tersiram dan mendapatkan asupan air yang cukup selama beberapa hari. Ada yang menggunakan kapas, sumbu dan sebagainya. Nah ada cara yang gampang dan mudah dengan menggunakan bahan yang mudah ditemui di rumah, yaitu menggunakan sumbu yang terbuat dari kertas tisu toilet dan penyiraman otomatis menggunakan botol minuman bekas.

1. Teknik Penyiraman Otomatis Menggunakan Kertas Tisue Toilet

Teknik ini mengadopsi sistem sumbu, yaitu air akan merambat ke atas.
Caranya mudah saja, kertas tisu diukur sedimikian rupa panjangnya agar ujung gulungan tisue dapat menjangkau tanaman Anda dan ujung yang lainnnya dapat tercelup dalam segelas air. Kemudian kertas tisue tsb digulung gulung dan agak dipadatkan agar tidak mudah terurai. Letakkan sesuai foto di bawah.


Air akan merambat dari gelas melalu sumbu dari kertas tisue ke tanaman
(Sumber: lifehacker.com) 

2. Teknik Penyiraman Otomatis Menggunakan Botok Minuman Bekas

Teknik ini mengadopsi sistem gravitasi, yaitu air dari botol akan turun ke bawah dan membahasahi tanah. Hanya saja agar air yang turun tidak terlalu banyak maka diatur lubang keluarnya air tidak terlalu besar.
Caranya tutup botol plastik dilubangi dan diberi pipa, Jangan lupa pipa nya diberi lubang dulu untuk keluarnya air secukupnya. Beri lem pada sambungan pipa dan tutup botol. Tancapkan botol berisi air di atas tanah / pot.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di video berikut ini. Untuk botol gelas dapat diganti dengan botol plastik.





Baca juga: Cara Memberikan Air Dari Bawah Pada Tanaman Dalam Pot

Selamat Mencoba ... Berkebun itu menyenangkan :-)


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Teknik Penyiraman Otomatis Menggunakan Alat Sederhana Selama Anda Liburan"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia