Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Tanaman Yang Sangat Baik Ditanam Di Rumah Secara Feng Shui

Tanaman merupakan sesuatu yang penting dan amat bermanfaat dalam feng shui. Feng shui adalah ilmu topografi kuno dari Tiongkok (China) yang mempercayai bagaimana manusia dan surga (astronomi), serta bumi (geografi) dapat hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki kehidupan dengan menerima Qi positif. Qi terdapat di alam sebagai energi yang tidak terlihat. Fungsi tanaman secara feng shui banyak sekali manfaatnya, mulai dari kemampuannya untuk menahan sha qi (qi negatif), menarik sheng qi (qi positif), dan salah satu alat untuk mendeteksi apakah suatu tempat itu baik. Dari sudut pandang lingkungan, pepohonan bermanfaat karena kemampuannya untuk menghasilkan udara segar, yang mana akan membuat suatu lokasi lebih asri dan menyenangkan.
Secara garis besar, pepohonan kecil boleh ditanam dimana saja di bagian rumah. Tetapi untuk pohon berukuran sedang sampai besar tidak boleh berada di area depan rumah. Karena keberadaannya akan menyita qi yang seharusnya masuk kedalam rumah. Selain itu apabila tumbuhnya dekat dengan rumah, akar-akarnya dapat merusak pondasi rumah.

Pohon berukuran sedang sampai besar yang tumbuh di bagian belakang rumah bermanfaat sebagai “gunung” yang melindungi rumah. Jika sisi Dragon rumah lemah, menanam pohon merupakan salah satu cara untuk memperkuatnya.

Untuk bumi belahan Utara, lokasi ideal untuk menanam pohon besar umumnya di bagian sebelah Utara dari rumah. Karena dapat berfungsi sebagai penahan angin dingin dari arah Utara. Sebaliknya bagi bumi belahan Selatan, posisi pohon besar di bagian Selatan rumah atau plot tanah lebih baik. Untuk penahan angin dingin yang bertiup dari Selatan.

Jika hendak menanam pohon atau membangun rumah di lokasi yang banyak pepohonan, harus memperhatikan agar tidak ada dahan besar yang mengarah langsung ke pintu utama. Cabang atau dahan pohon yang mengarah langsung kearah pintu masuk rumah disebut sebagai “shar” atau “poison arrow”. Shar ini dapat membawa sha qi (qi negatif) langsung kedalam rumah. Cara terefektif untuk menghilangkan shar ialah dengan menebang cabang atau dahan pohon yang mengarah langsung ke pintu masuk. Hal lain yang juga harus diperhatikan ialah dahan yang miring dan menyandar pada atap rumah. Ini tidak hanya berbahaya apabila ada angin kencang, tetapi juga dapat menyebabkan penghuni rumah selalu merasa dalam banyak tekanan. 



Searah Jarum Jam: Kemangi. Sereh, Bambu Air, Lavender dan Melati

1. Bambu Air

Tanaman yang memang mirip dengan bambu ini biasanya dijual dengan kondisi sudah tersusun manis. Dari batang-batangnya akan muncul dedaunan yang terus menerus tumbuh.
Bambu yang satu ini konon dapat menarik kebahagiaan dan kemakmuran, melindungi penghuni rumah dari energi negatif dan membawa keberuntungan. Bambu air biasanya diletakkan di dalam pot yang isinya air, mengurangi energi kesepian dan stres dan meningkatkan pertumbuhan spiritual seseorang.

2. Kemangi

Kalau biasanya ia dipakai sebagai sayur lalapan, kemangi ini ternyata juga melambangkan cinta, gairah, kemakmuran, keberuntungan dan menghadirkan kecantikan di dalam rumah.
Menurut kepercayaan India, kemangi ini merupakan tanaman yang disucikan dan apabila diletakkan di dalam pot dan ditanam di dalam rumah, dapat meminimalisir energi negatif serta niat jahat.
Aromanya sangat harum, berfungsi juga sebagai antidepressant, antiseptik, serta antibakteri.

3. Bunga Melati

Beberapa jenis bunga melati memiliki fungsi afrodisiak yang membuat nuansa asmara tetap hangat dan tumbuh. Letakkan saja di dalam rumah, di dalam pot kecil sebagai tanaman yang memberikan keindahan.
Melati kabarnya dapat menarik kasih sayang serta kekayaan pada si empunya rumah. Aromanya yang harum dan warnanya yang putih menggemaskan memberikan kesegaran. Merupakan jenis bunga yang memang wajib hadir di dalam rumah Anda.

4. Sereh

Tanaman yang satu ini ternyata konon dapat menghadirkan keceriaan dan kebahagiaan bagi si pemilik rumah. Merupakan simbol dari kerukunan, dan persahabatan.
Sereh dapat memberikan energi positif pada pemilik rumah, dan ia juga memiliki manfaat bagi kesehatan, kuliner, serta kecantikan. Cukup banyak manfaat yang sayang dilewatkan.

5. Lavender

Bunga yang satu ini, selain bisa membantu mengusir nyamuk juga memberikan efek relaksasi pada tubuh. Banyak digunakan dalam parfum maupun produk kosmetik, lavender juga ampuh untuk mengatasi sakit kepala.
Apabila ditanam di rumah, lavender memberikan efek damai yang membuat penghuni rumah jadi tidak sering bertengkar. Alhasil, rejeki jadi lebih mudah mampir dan menyapa.


Kondisi pohon dan tanaman juga harus diperhatikan. Harus selalu sehat dan segar. Dengan begitu dapat menarik sheng qi (qi positif) untuk rumah dan lokasi sekitarnya. Sebaliknya tanaman dan atau pohon yang tidak sehat dan layu atau mati hanya akan menghasilkan sha qi (qi negatif). Jadi jangan membiarkan tanaman yang ada dirumah dan sekitarnya tidak sehat dan mati, karena dengan membiarkan hal itu terjadi berarti kita mengundang penyakit dan kematian bagi tubuh kita, dan aspek keuangan kita.

Bagaimana? tertarik untuk mencoba? Berkebun itu menyenangkan :-)


Sumber: wikipedia, indospiritual.com & vemale.com

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tanaman Yang Sangat Baik Ditanam Di Rumah Secara Feng Shui"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia