Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Mengenal TOGA dan Khasiatnya


Anda tentu pernah mendengar kata TOGA, bukan nama teman kuliah saya dulu tapi yang dimaksud TOGA disini adalah Tanaman Obat Keluarga.

Apa itu TOGA?


Menurut Wikipedia, Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

Bagian tumbuhan yang sering digunakan sebagai obat berupa daun, akar, buah dan batangnya. Banyak sekali tumbuhan yang dapat hidup di tanah air Indonesia ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Indonesia memang kaya .. tinggal kita sendiri yang mencari tahu khasiatnya. Apalagi harga obat dan biaya dokter sekarang sangat mahal, tidak ada salahnya kalau kita mengenali beberapa tanaman obat yang populer dan dapat ditanam di halaman rumah sendiri dan yang paling penting obat yang berasal dari tanaman lebih kecil efek sampingnya atau mungkin tidak ada efek samping sama sekali karena bersifat lebih alami.

Berikut beberapa tanaman obat yang biasa ditanam di pekarangan rumah dan khasiatnya:

1. Kunyit (Curcuma sp)


Selain digunakan untuk bumbu masakan dan pewarna tahu, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Bermanfaat juga sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah juga penambah nafsu makan. Yang digunakan sebagai obat adalah akar / umbi nya. Menanamnya pun sangat mudah, tinggal tanam sebagian kecil akar yang sudah bertunas di dalam tanah gembur.



Kunyit

2. Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb)

Manfaat temulawak untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Terakhir juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh. Seperti halnya kunyit, yang digunakan sebagai obat dari temulawak adalah akar nya. Dan cara penanaman pun sama yaitu menanam umbi yang sudah bertunas di dalam tanah.


Temulawak
3. Jahe

Mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat sebagai antioksidan, sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga bermanfaat melindungi lemak/membran dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh, masuk angin, sakit kepala, sakit kepala sebelah, mabuk kendaraan dan param untuk anggota badan yang terkilir. Cara penanaman sama dengan kunyit yaitu menanam akar yang bertunas di dalam tanah.


Jahe
4. Kencur

Kencur biasa digunakan untuk bumbu masakan seperti bumbu cobek. Kunyit juga bermanfaat mengobati Influenza pada Bayi, Menghilangkan lelah, minuman kesegaran, radang lambung, batuk dan melancarkan haid. Cara penanaman sama dengan kunyit yaitu menanam akar bertunas dalam tanah.


Kencur
5. Bawang putih (Allium sativum)
Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu masakan agar wangi dan terasa gurih, juga bermanfaat mengobati flu dan batuk, menurunkan kadar kolesterol tinggi, mencegah dan mengobati kanker perut, kanker usus besar, penyakit darah tinggi dan jantung.


Bawang Putih
6. Daun Kemangi

Konsumsi lalap kemangi secara rutin dapat mencegah bau mulut, daun kemangi atau sari daun kemangi dapat menyembuhkan penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria. Daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit. Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikan manfaat daun kemangi untuk mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Kemangi
7. Beluntas

Secara tradisional daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare. Daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk mengobati sakit kulit. Disamping itu daun beluntas juga sering dikonsumsi oleh masyarakat sebagai lalapan.


Beluntas
8. Daun Dewa

Manfaat Efek farmakologis daun dewa adalah antikoagulan (koagulan=zat yang mempermudah dan mempercepat pembekuan darah), mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan perdarahan, menghilangkan panas, dan membersihkan racun. Mengatasi kejang pada anak dan beberapa jenis pendarahan. Untuk mengatasi luka terpukul, tak datang haid, pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk, dan muntah darah, tumor, kutil dan kanker.


Daun Dewa

9. Jambu Biji

Penyakit Yang Dapat Diobati : Diabetes melitus, Maag, Diare (sakit perut), Masuk angin, Beser; Prolapsisani, Sariawan, Sakit Kulit, Luka baru dan jus jambu biji biasa digunakan untuk meningkatkan trombosit dalam penyembuhan penyakit demam berdarah.


Jambu Biji
10. Jeruk Nipis

Jeruk nipis punya banyak manfaat. Selain menjadi minuman yang menyegarkan, pemberi rasa segar dan asam di berbagai masakan, juga air jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggorokan.Kulitnya, bila ditahan di dalam mulut, bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap dan mengatasi radang karena mengandung zat asam yang dapat mematikan kuman. Jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung.
Yuk ah kita manfaatkan pekarangan kita untuk menanam TOGA...


Credit to cakmaryanto

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Mengenal TOGA dan Khasiatnya"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia