Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Cara Mengolah Bayam

Mendengar kata bayam seringkali mengingatkan kita pada tokoh kartun popeye, yang akan memiliki kekuatan super setelah memakan bayam. 

Iya memang betul sekali, bayam memang salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang penuh nutrisi dan memiliki rasa lezat. 


KANDUNGAN NUTRISI DAN MANFAAT BAYAM

1. Bayam adalah sumber makanan yang sangat padat nutrisi. 
Bayam memiliki kalori yang rendah namun sangat tinggi dalam vitamin, mineral dan fitonutrien lainnya. Ketika Anda mengkonsumsi makanan sehat ini, Anda tidak perlu khawatir tentang diet penurunan berat badan Anda. Sayuran berdaun hijau ini merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin K, vitamin A, magnesium, folat , mangan, besi, kalsium, vitamin C, vitamin B2, kalium, dan vitamin B6. Juga merupakan sumber yang sangat baik dari protein, fosfor, vitamin E, zinc, serat makanan, dan tembaga. Selain itu, bayam adalah sumber yang baik dari selenium, niacin, dan asam lemak omega-3. 

2. Bayam Mengandung Banyak Flavonoid.
Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Para peneliti telah menemukan sedikitnya 13 senyawa flavonoid yang berbeda berada dalam bayam yang bertindak sebagai zat anti-kanker dan melindungi dari berbagai penyakit.

3. Bayam merupakan makanan sehat untuk jantung. 
Bayam merupakan sumber yang luar biasa dari vitamin C dan A yang merupakan antioksidan yang membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan bekerja untuk menjaga kolesterol dari oksidasi. Selain itu, folat baik untuk sistem kardiovaskular yang sehat, serta magnesium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

4. Bayam menjaga kesehatan gastrointestinal / sistem pencernaan. 
Beta-karoten dan vitamin C bekerja untuk melindungi sel-sel usus tubuh dari efek berbahaya dari radikal bebas. Juga, kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus dapat dicegah dengan folat yang hadir dalam sayuran berdaun hijau ini. 

5. Bayam dapat digunakan sebagai anti radang. 
Beberapa kondisi yang diidentifikasi sebagai inflamasi, seperti arthritis, osteoporosis, sakit kepala migrain, dan asma, dapat dibantu oleh bayam karena sifat anti-inflamasi dari beberapa nutrisi yang ditemukan dalam bayam. 

6. Menjaga Agar Otak Anda Tetap Muda.
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dapat memperlambat penurunan fungsi otak karena usia. . 

7. Bayam mengandung lutein.
Lutein adalah karotenoid yang ditemukan dalam bayam yang mdelindungi terhadap penyakit mata seperti katarak yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula. Ada beberapa indikasi menyebutkan bahwa lutein mungkin diserap lebih baik jika Anda makan dengan sedikit lemak, seperti sejumlah kecil minyak zaitun. 

8. Bayam mengandung banyak zat besi.
Zat besi merupakan mineral sangat penting bagi wanita menstruasi dan pertumbuhan anak-anak dan remaja. Karena zat besi adalah komponen dari hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh, dan diperlukan untuk pembentukan energi yang baik. 


Catatan Penting
Beberapa catatan penting yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi bayam:

1. Beberapa orang alergi terhadap bayam. 

2. Bayam adalah salah satu makanan yang mengandung pestisida tinggi yang residunya sangat sulit hilang dengan pencucian yang biasa. Jadi  lebih baik gunakan bayam organik atau tanam sendiri di pekarangan rumah Anda secara hidroponik biar lebih aman. 

3. Kandungan oksalat dalam bayam dapat mengganggu penyerapan kalsium, serta berpotensi mengkristal. Orang yang memiliki masalah pada ginjal atau kandung empedu harus berhati-hati bila memakan sayuran hijau ini. Cara mudah untuk memecahkan masalah ini adalah memasangkan bayam dengan makanan tinggi vitamin C seperti jeruk mandarin jeruk dan melon. Cara lain untuk mengurangi kekuatan asam oksalat adalah dengan merebus daun bayam untuk setidaknya dua menit. 

4. Kandungan purin dalam bayam dapat meningkatkan kemungkinan gangguan fungsi kelenjar tiroid  meskipun memasak dapat mengurangi senyawa goitrogenik. Sehingga orang Gout sebaiknya menghindari makanan ini.


CARA MENGOLAH BAYAM

Bayam sangat mudah diolah. Bayam dapat dimakan mentah seperti dalam bentuk salad (bayam jauh lebih bergizi daripada selada) atau smoothie hijau. Atau dapat dimasak dan dimakan sebagai hidangan sendiri atau ditambahkan ke sup dan hidangan lainnya. Jika mau dididihkan, gunakanlah air sesedikit mungkin dalam waktu singkat. 

Berikut ini adalah 6 ide untuk mengolah bayam menjadi makanan yang enak dan sehat:


1. Smoothies 
Bayam dapat ditambahkan ke dalam beberapa kombinasi Smoothie misalnya dicampur dengan mangga, buah, atau jeruk dan jus nanas untuk kombinasi manis.  Atau untuk membuat minuman lezat yang lebih kental Anda dapat mencampur dengan alpukat, susu kedelai (atau susu bebas lainnya), yoghurt, atau bahkan menambahkan segenggam kacang.  

2. Salad
Bayam dapat dicampur sayuran segar lainnya, kacang-kacangan dan buah-buahan. Bayam dapat menambahkan tekstur dan rasa untuk campuran, bukan hanya dorongan dalam nutrisi.

3. Ditumis ringan layu
Bayam hanya dilayukan sebentar di atas wajan dengan sedikit minyak zaitun dan bawang putih dan garam. Anda dapat menikmati tumisan bayam ini dengan roti atau dimakan langsung.

4. Direbus 
Didihkan bayam sekitar 1 menit untuk memaksimalkan manfaat kesehatan. Rebusan bayam ini dapat dicampur dengan pasta, dibuat gado-gado atau pecel. 

5. Digoreng
Dapat digoreng menggunakan tepung menjadi keripik bayam yang kriuk-kriuk dan enak. 

6. Dimasukkan ke dalam sup atau makanan lain
Misalnya dibuat sop bayam atau bubur manado.

Selamat Mencoba ..


Sumber: naturally-healthy-eating.com, care2.com, onegreenplanet.org


Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Cara Mengolah Bayam"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia