Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Kandungan Nutrisi, Khasiat dan Cara Mengolah Selada

Selada Hijau dan Selada Merah
Selada (Lettuce) memiliki nama latin lactuca sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae dan memiliki beberapa jenis varian, namun yang dikenal secara luas hanya 5 jenis saja yaitu butterhead (Boston), selada cina, crisphead (Iceberg), looseleaf, Romaine, dan Summer Crisp (Batavia).

Dari segi warna ada Selada berdaun hijau dan berdaun merah.



Kandungan Nutrisi & Khasiat Selada

Di bawah ini adalah kandungan nutrisi dan manfaat dari selada untuk tubuh Anda, sebagaimana dikutip dari Boldsky:

1. Mengandung protein
Selada mengandung 18 persen protein, kandungan protein pada selada hanya kurang sedikit dari yoghurt. Hal ini jelas sangat membantu 8 asam amino yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan Anda.

2. Mengandung asam folat
Asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat mencegah cacat pada tabung saraf pada bayi yang ada di dalam kandungan. Selain itu, selada juga mempunyai nutrisi yang berlimpah untuk bisa memelihara embrio. Jadi bagi para wanita, sangat dianjurkan mengonsumsi selada untuk merasakan manfaat kesehatannya.

3. Mengandung mineral
Salah satu hal yang paling bermanfaat dari selada bagi tubuh adalah mengandung banyak kandungan mineral, seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan tembaga untuk kebutuhan metabolisme tubuh.

4. Rendah kalori
Selada juga rendah kalori, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita kolesterol dan obesitas tinggi (kegemukan). Sementara itu, meski selada mengandung rendah kalori, tapi selada kaya nutrisi sehingga bisa memberikan keseimbangan kesehatan tubuh Anda.

5. Mengandung air
Jika Anda merasa sudah bosan dengan mentimun sebagai lalapan, selada bisa menjadi pilihan alternatif. Hal ini karena menurut hasil penelitian, kandungan selada mempunyai sekira 16 persen dari kebutuhan air harian Anda, sehingga bisa menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi dan terasa bugar.

6. Mengandung serat
Kandungan serat pada semangkuk selada ternyata hampir setara dengan semangkuk sereal dan pisang. Dengan tingginya serat, selada bisa membantu Anda yang sedang mengalami sembelit.


Cara Mengolah Selada



Selada biasanya dimakan mentah sebagai lalapan atau dapat ditemui sebagai sayuran di dalam hamburger atau dapat dibuat salad.

Bosan dengan cara mengolah selada itu-itu saja, cobain deh selada dibuat salad yang seger, pedes dan yummy ..




Berikut cara membuat salad yang enak dan segar, resep ini diambil dari Family Circle All-time Favorite Recipes by editors of Family Circle (Doubleday)

Florida Spicy Orange Salad Dressing:


Waktu pengerjaan: 5 menit
Bahan-bahan:
1-1/2 cangkir jus jeruk segar
1/4 cangkir olive oil
1 sdm cuka (balsamic vinegar)
1 sdt garam
1/2 sdt Tobacco Sauce


Caranya:
Campurkan semua bahan dalam wadah tertutup.
Tambahkan Florida Spicy Orange Salad Dressing secukupnya ke selada segar yang telah dicuci bersih.
Saus salad tsb dapat digunakan untuk membuat salad 1-3/4 mangkuk.

Selamat Mencoba ...

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kandungan Nutrisi, Khasiat dan Cara Mengolah Selada"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia