Dunia Kebun

Website seputar panduan berkebun

Apa Yang Dilakukan Saat Berkebun?

Berkebun tidak harus dilakukan di lahan luas tetapi dapat dilakukan pula di lahan sempit bahkan di pekarangan rumah. Ada baiknya lahan / pekarangan rumah yang kosong dimanfaatkan untuk menanam tanaman, baik buah, sayuran maupun tanaman hias. Tidak hanya untuk tujuan komersil, berkebun ternyata lebih banyak dilakukan untuk tujuan hobi.
  • Pemilihan Benih atau Bibit
Pemilihan benih atau bibit adalah hal yang utama dalam berkebuni. Pilihlah benih yang sesuai dengan areal lahan yang akan ditanami dan jangan lupa juga untuk memperhatikan air dan sumber air yang terdapat pada lahan yang akan ditanami.
  • Pemilihan Lahan / Lokasi Penanaman
Apakah akan ditanam dalam pot atau di tanah langsung, apakah akan ditanam di dalam rumah atau lahan terbuka, apakah akan menggunakan teknik hidroponik atau aquaponik dsb. Yang penting tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari, nutrisi dan air yang cukup.
  • Pembenihan
Pembenihan biasanya dilakukan untuk tanaman yang akan ditanam dari biji. Beberapa biji tanaman harus disemai selama beberapa hari sebelum akhirnya dipindahkan ke media tanam / lahan perkebunan. Bibit disemai dalam media tanam / tanah yang telah dibasahi. Pisahkan bibit tanaman yang kurang bagus pertumbuhannya.
  • Pemindahan Bibit Tanaman ke Lokasi Penanaman
Sebelum bibit tanaman dipindahkan pastikan media tanam telah siap. Bila akan menggunakan teknik penanaman konvensional maka siapkan media tanam seperti tanah dengan kompos / pupuk yang teraduk. Bila menggunakan teknik hidroponik maka siapkan larutan pupuk terlebih.
Lakukan penanaman bibit 1 pohon per pot atau dengan jarak tanam secukupnya bila menggunakan tanah langsung. Hal ini agar tanaman tsb dapat memiliki cukup ruang untuk pertumbuhan.
  • Perawatan
Lakukan perawatan pada tanaman, misalnya mencabut tanaman pengganggu, pemupukan yang teratur dan pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup. Sayangilah tanaman tersebut. Kurangi daun yang berlebihan untuk tanaman hias dan buah agar bunga / buah yang muncul lebih maksimal.
  • Pemanenan
Bila saat panen telah tiba, lakukan pemanenan. Manfaatkan hasil panen tersebut untuk konsumsi pribadi, keluarga maupun tetangga atau bila memang jumlahnya banyak dapat dijual, lumayan kan ?
Itulah 6 langkah yang dilakukan saat berkebun. Lakukanlah dengan senang hati, insya Allah lebih menyenangkan dan hasil panennya lebih banyak :-)

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Apa Yang Dilakukan Saat Berkebun?"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.

 
Copyright © 2015 Dunia Kebun - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia